Tempat Wisata Filipina Segera Dibuka untuk Wisatawan Asing
Ilustrasi pantai di Boracay, Filipina. (Wikimedia Commons/Grunderfam)

Bagikan:

ACEH – Filipina segera mengizinkan turis asing masuk dan liburan di tempat wisata Filipina bagi yang telah divaksinasi COVID-19. Hal tersebut diungkapkan oleh Kementerian Pariwisata negara tersebut pada Jumat, mengikuti langkah negara-negara Asia Tenggara lain untuk melonggarkan pembatasan perjalanan.

Menurut keteranngan Kementerian Pariwisata Filipina, gugus tugas COVID-19 menyetujui masuknya turis yang telah menerima vaksin COVID-19 penuh dari negara-negara dengan kasus COVID-19 yang rendah seraya mengatakan bahwa pedoman harus diselesaikan.

Filipina terkenal dengan penyelaman dan ribuan pulau tropis. Namun, tahun lali negara ini mengalami penurunan 83 persen kedatangan asing. Mereka menerima hampir 1,4 juta pengunjung, sedangkan pada tahun 2019 hampir 8,2 juta pengunjung.

Dari total tersebut, wisatawan dari Jepang, Korea Selatan, dan China mendominasi. Salah satu kawasan wisata yang menjadi favorit wisatawan dunia adalah Pulau Boracay.

Wisatawan Asing yang Diizinkan ke Tempat Wisata Filipina

Memberlakukan beberapa persyaratan masuk paling ketat di Asia selama pandemi COVID-19, Filipina menjadi salah satu negara yang paling terpukul di kawasan itu dalam hal kasus kematian dan kerugian ekonomi. Lebih dari seperempat populasinya telah divaksinasi.

Negara Tetangga Thailand, Vietnam, Kamboja, Malaysia, Singapura, dan Indonesia juga telah mengumumkan berbagai tingkat pembukaan kembali dalam beberapa pekan terakhir, setelah kemajuan dalam memvaksinasi populasi lokal mereka.

"Mengizinkan wisatawan dari negara atau wilayah hijau yang mayoritas penduduknya divaksinasi dan dengan tingkat infeksi rendah, akan sangat membantu upaya pemulihan kami," ujar Menteri Pariwisata Filipina, Bernadette Romulo-Puyat, dalam pernyataannya, dikutip VOI dari Reuters, 19 November.

Untuk diketahui, Filipina termasuk dalam daftar “hijau” negara-negara yang disetujui antara lain Jepang, Cina, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, dan India.

Artikel ini telah tayang dengan judul Pulihkan Pariwisata, Filipina Segera Berikan Izin Masuk Bagi Wisatawan Asing yang Telah Divaksinasi.

Selain tempat wisata Filipina bagi wisatawan asing, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Aceh!

Terkait