Deretan Tempat Wisata India yang Jadi Target Warga Indonesia
Ilustrasi (Aditya Siva/Unsplash)

Bagikan:

ACEH - India tidak hanya punya gaya hidup yang unik dan industri film yang terkenal (Bollywood). Negara berpenduduk terbanyak kedua di dunia ini juga memiliki banyak tempat wisata yang menarik. Tempat wisata India terdiri dari berbagai jenis wisata.

Anda bisa menemukan wisata budaya, wisata sejarah, wisata rohani, hingga wisata alam. Bagi orang Indonesia, ada beberapa tempat wisata yang sering menjadi sasaran. Dikutip VOI dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa tempat wisata India yang sering dikunjungi orang Indonesia. 

Tampat Wisata India yang Jadi Destinasi WNI

Taj Mahal, Agra

Taj Mahal merupakan makam Mumtaz Mahal, istri Raja Shah Jahan atau Sultan Jehan sekaligus monumen pembuktian cinta sang Raja kepada istrinya, melansir National Geographic. Bangunan ini dibangun pada 1632 M dan terpilih menjadi situs warisan UNESCO pada 1983.

Anda bisa menikmati megahnya bangunan yang dimominasi oleh warna putih. Selain itu, pemandangan sekitar juga sangat indah. Perlu diketahui, setiap Jumat Taj Mahal dijadikan tempat untuk melaksanakan salat Jumat. 

Golden City, Jaisalmer

Tidak hanya menyambangi satu tempat, Anda bisa menjelajahi satu kota. Ada banyak bangunan indah dengan relief  menakjubkan di kota yang dahulu dimanfaatkan sebagai jalur perdagangan dari barat menuju India ini.

Mayoritas wisatawan yang menyisir perjalanan di Jaisalmer menunggang unta sebagai transportasi wisata di sekitar Kota Emas. Di Jaisalmer, Anda dapat menyambangi Kuil Lodhruva Jain yang tersohor, perpustakaan tertua di India, desa magis Ramdevra, hingga bermacam museum kebudayaan dan sejarah. Penyanyi tanah air, Raisa dan suaminya Hamish Daud pernah berlibur di kota ini selama sepekan.

Benteng Amber

Benteng Amber atau dikenal juga Amber Fort adalah destinasi wisata di Kota Jaipur. Benteng ini dibangun oleh Raja Man Singh I. Memiliki interior sangat cantik, Amber Fort terletak di puncak bukit Kota Amer menghadap ke Danau Maota.

Para wisatawan dapat menyaksikan festival lampu warna warni di Benteng Amber setiap pukul 18.30 hingga 19.30 waktu setempat. Pertunjukan cahaya berfokus pada sejarah Jaipur dan benteng. Selama 50 menit berlangsung, cerita akan dibawakan menggunakan bahasa Hindi dan Inggris.

Menara Qutub

Menara ikonik ini sama halnya seperti Monumen Nasional (Monas) di Indonesia. Salah satu landmark yang wajib dikunjungi selain Taj Mahal, terutama untuk wisatawan yang baru pertama ke India. Menara Qutub ini merupakan menara yang paling tinggi di India.

Menara ini sangat indah karena menara ini dihiasi dengan ukiran-ukiran yang rumit dari ayat-ayat suci Al-Qur’an. Hal unik lain dari menara ini adalah tiang penjaga yang berhiaskan prasasti Brahmi dengan bahasa Sansekerta.

Ladakh

Destinasi wisata ini merupakan salah satu tempat tertinggi di dunia karena berada di wilayah pegunungan Himalaya. Ladakh ini juga merupakan daerah yang dikenal sebagai “Little Tibet”, memiliki padang pasir yang luas dan dihimpit oleh gunung-gunung batu. Di Ladakh ini juga terdapat banyak biara Buddha, sehingga cukup disakralkan.

Eksotismenya sempurna karena masih sangat alami dan belum terlalu banyak orang yang mengeksplore kesana. Ladakh ini juga pernah digunakan sebagai lokasi shooting film India yang amat terkenal, yakni 3 Idiots.