Rekomendasi 5 Tempat Wisata Mesir yang Sayang untuk Dilewatkan
Wisata di Kairo, Mesir (Foto: Pixabay)

Bagikan:

ACEH - Salah satunegara sebagai destinasi wisata yang menarik di Timur Tengah adalah Mesir. Di negara ini Anda akan menemukan berbagai tempat wisata yang tak bisa Anda temukan di negara lain, termasuk di Indonesia. Meski suhu udara cenderung panas, tempat wisata Mesir tetap menarik untuk dikunjungi. 

Satu yang tentu sudah Anda tahu adalah Piramida Giza. Meski ini bukan piramida terbesar di dunia, tetapi kisah sejarah yang dimiliki menjadi daya tarik yang sayang untuk dilewatkan. Selain Piramida Giza, apalagi tempat wisata di negeri yang khas dengan padang pasir ini? Berikut VOI berikan beberapa di antaranya. 

Rekomendasi Tempat Wisata Mesir untuk Dikunjungi

Piramida Giza

Ini merupakan bangunan peninggalan kerajaan lama Mesir yang dibangun sekitar 4.500 tahun lalu. Piramida Giza menjadi salah satu ikon dari Mesir. Piramida setinggi 138 meter ini merupakan bangunan yang dibuat oleh Firaun Khufu dan merupakan struktur buatan manusia tertinggi di dunia sebelum Katedral Lincoln selesai dibangun di Inggris di abad ke-14.

Jika Anda melihat foto-foto yang beredar di media sosial, penampakan dari piramida ini memiliki warna yang serupa dengan gurun pasir yang ada di sekitarnya. Namun, faktanya, pada awal mula dibangun dulu piramida ini berwarna putih, sama seperti piramida-piramida lainnya yang berada di kota Kairo. Ini karena Piramida Giza dilapisi oleh batuan kapur.

Dengan tinggi mencapai 138 meter ini, piramida ini menjadi salah satu makan terbesar di dunia. Jika Anda penasaran dengan apa yang ada di dalam piramida ini, maka jawabannya adalah barang-barang peninggalan masa Mesir Kuno. Namun, sayangnya, barang yang ada di dalam piramida tersebut kerap mengalami pencurian seperti sarkofagus milik Pharaoh Khufu yang merupakan satu-satunya hal yang tersisa di dalam piramida itu sendiri. Walaupun begitu, piramida ini masih diminati oleh para wisatawan untuk dikunjungi. Gimana, Anda ingin coba?

The Egyptian Museum

Berlokasi di Tahrir Square, museum yang satu ini mudah sekali untuk dijangkau sebab bisa dikunjungi dengan transportasi apa saja seperti taksi, mobil pribadi, ataupun Metro Kairo. Museum ini memiliki sekitar 120.000 item sehingga dapat dikatakan bawah The Egyptian Museum merupakan rumah dari koleksi barang antik peninggalan Mesir Kuno.

Museum ini dibangun sekitar tahun 1901 oleh perusahaan konstruksi Italia, didesain oleh seorang arsitek asal Perancis bernama Marcel Dourgnon. Di sini, Anda bisa melihat mumi Tutankhamun, asalkan rela mengeluarkan uang lagi sebanyak 100 EGP. Tapi bisa dibilang worth it lah untuk menghilangkan rasa penasaran dan menambahkan pengalaman, bukan?

Masjid Al Azhar

Jika Anda ingin wisata rohani, masjid tertua kedua setelah masjid Amr Ibn Al As ini bisa jadi pilihan yang tepat. Masjid ini dibangun oleh seorang panglima bernama Jauhar As-Shiqili lalu secara resmi dibuka oleh Khalifah Fatimiyah, Al-Mu’iz Lidinillah pada 7 Ramadhan 361 H/971 Masehi. Di masjid ini, Anda bisa menemukan 4 menara yang berdiri kokoh, tiga di antaranya dibangun pada tahun 1340, 1469, dan 1510.

Muiz Street

Masih dalam kawasan yang sama, Muiz Street berada tak jauh dengan masjid Al Azhar dan Khan El Khalili Market. Jalan ini merupakan salah satu jalan bersejarah sekaligus jalan tertua di ibu kota Mesir yang dibangun pada masa pemerintahan Fatimiyah ketika menguasai Mesir pada rentang waktu antara 910 sampai dengan 1171 masehi.

Di jalan ini terdapat banyak sekali peninggalan-peninggalan seperti masjid, tempat mengaji, dan lainnya yang ada sejak tahun 1000-an masehi. Anda yang gemar dengan fotografi wajib membawa kamera Anda menuju tempat ini sebab tempatnya terbilang cukup eksotis. Hampir sama dengan Khan El Khalili Market, tempat ini juga dilengkapi dengan penjual-penjual yang menjual cindera mata ataupun makanan-makanan ringan.

Sungai Nil

Mengunjungi kota Kairo tapi sampai melupakan sungai Nil? Jelas, ini merupakan kesalahan yang sangat fatal. Merupakan sungai terpanjang yang ada di dunia, sungai nil membentang lebih dari 4.000 mil atau setara dengan 6.650 km, sungai nil merupakan jantung dari Mesir sebab dalam sejarahnya sungai tersebut sangat membantu peradaban Mesir selama ribuan tahun.

Di Sepanjang jalan ini, Anda dapat menemukan tempat makan dimana Anda bisa sekaligus mengisi perut dengan suguhan pemandangan sungai nil yang menakjubkan. Bagaimana, tertarik mengunjungi kota yang satu ini?

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata yang ada di Kairo. Bagaimana? Apa Anda tertarik untuk mengunjungi negara indah yang satu ini? Jangan lupa untuk kunjungi Traveloka Lifestyle SuperApp untuk pembelian tiket pesawat liburan ke Kairo, ya!