Menteri Tjahjo Kumolo Ingatkan Pegawai Negeri untuk Turun ke Lapangan, Tak Hanya Kerja di Kantor
Menpan-RB, Tjahjo Kumolo (ANTARA)

Bagikan:

ACEH - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Tjahjo Kumolo, mengingatkan para pegawai negeri untuk turun ke lapangan, tidak hanya bekerja di kantor.

"Pegawai jangan hanya duduk bertumpuk di kantor, hanya dapat laporan tertulis, tapi harus sering ke lapangan," kata Tjahjo Kumolo, di Banda Aceh dikutip Antara, Kamis, 28 Oktober.

Tjahjo Kumolo menyampaikan hal tersebut setelah melakukan peninjauan terhadap pelayanan pembuatan surat izin mengemudi (SIM) terhadap masyarakat di Mapolresta Banda Aceh, Provinsi Aceh.

Contoh Gerak ASN untuk Masyarakat dari Tjahjo Kumolo

Menteri Tjahjo Kumolo memberikan contoh, pegawai di Dinas Pekerjaan Umum harus memastikan kondisi lapangan, para aparatur sipil negara (ASN) di Dinas Peternakan harus melihat langsung ternak masyarakat.

"Turun lapangan untuk mendengar apa saja keluhan masyarakat, mendengar langsung aspirasi masyarakat," terangnya.

Tjahjo menjelaskan, langkah tersebut perlu dilakukan oleh setiap pegawai supaya informasi yang diperoleh benar-benar sesuai dengan kondisi di lapangan.

"Ini yang namanya reformasi birokrasi, ada kecepatan dan ketepatan informasi," kata Tjahjo Kumolo.

Artikel ini telah tayang dengan judul Menpan-RB: Pegawai Jangan Hanya Duduk Bertumpuk di Kantor, Tapi Harus Sering ke Lapangan.

Selain peringatan dari Tjahjo Kumolo, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!