Info Kesehatan: Cara Mencuci Buah dan Sayur Menurut Ahli
Ilustrasi cara mencuci buah dan sayur (Pexels)

Bagikan:

ACEH – Sumber vitamin, serta, mineral, dan antioksidan terbaik adalah buah dan sayur. Namun, cara mencuci buah dan sayur perlu diperhatikan agar bahan makanan tersebut tetap memberikan efek yang baik bagi tubuh.

Secara umum, buah dan sayur biasanya dicuci dengan sabun, cuka, air lemon, bahkan cairan pembersih khusus. Sementara, seperti dilansir Kompas, para ahli kesehatan dan keamanan pangan, termasuk Food and Drug Administration (FDA) dan Centers for Disease Control (CDC) tidak menyarankan penggunaan bahan-bahan tersebut untuk mencuci bahan makanan.

Cara Mencuci Buah dan Sayur yang Tepat

FDA dan CDC justru tetap menyarankan masyarakat untuk membersihkan buah dan sayur menggunakan air mengalir biasa. Jika ada bagian yang busuk, sebaiknya dipotong sebelum dicuci. Mencuci buah dan sayur sebelum dikupas untuk mencegah bakteri masuk ke dalam dagingnya.

Lebih lanjut, Glenda R. Lewis, MSPH dari FDA menjelaskan cara mencuci buah dan sayur yang benar.

  1. Cuci tangan selama 20 detik dengan air dan sabun sebelum dan sesudah membersihkan bahan makanan segar 
  2. Potong bagian yang busuk atau memar sebelum mencuci 
  3. Saat mencuci, gosok buah dan sayur sambil menahannya di bawah air mengalir 
  4. Gunakan sikat khusus untuk membersihkan bahan makanan dengan kulit keras, seperti melon atau semangka 
  5. Keringkan bahan makanan dengan kain bersih atau handuk kertas untuk mengurangi munculnya bakteri

Ingat, bahan makanan segar tidak boleh dicuci sampai benar-benar akan dikonsumsi. Mencuci buah dan sayur sebelum disimpan hanya akan menumbuhkan bakteri.

Artikel ini telah tayang dengan judul Agar Tetap Aman Dikonsumsi, Begini Cara Mencuci Buah dan Sayur yang Benar Menurut Ahli.

Selain cara mencuci buah dan sayur, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!

Terkait