Cara Menyembuhkan Mag dan GERD Menurut Ahli
Ilustrasi Gerd (Foto: Pixabay)

Bagikan:

ACEH - Mag dan Gastro Esophageal Reflux Disease (GERD) merupakan penyakit yang bisa dikendalikan. Iya, ada cara menyembuhkan mag dan GERD yang bisa Anda lakukan. Dalam prosesnya, hal yang harus dilakukan adalah menghindari faktor risiko dan pencetus terjadinya kekambuhan.

Menurut Ari Fahrial Syam, dokter spesialis Gastroenterologi FKUI-RSCM, GERD dan mag bukan penyakit seumur hidup sehingga bisa disembuhkan.

"Kalau mag kumannya kita bersihkan, kita obati. GERD juga bisa sembuh, dua bulan diobati dia sembuh, terus diharus jaga makannya," terang Ari dalam webinar pada Kamis, 10 Februari, dikutip VOI.

Faktor Pemicu Mag dan GERD

Faktor yang berisiko menjadi pemicu kekambuhan penyakit GERD adalah kebiasaan merokok, meminum alkohol, mengonsumsi makanan dalam porsi besar sekaligus, makan di waktu yang terlalu larut, mengonsumsi makanan berlemak atau digoreng, serta mengonsumsi minuman atau makanan berkafein.

"Memang penyakit ini bisa sembuh tapi juga bisa kambuh. Intinya adalah kalau bisa mengendalikan faktor risiko setelah diobati, itu bisa sembuh total. Makanya ini bisa dibilang on demand treatment," terangnya, dikutip dari ANTARA.

Perbedaan Mag dan GERD

Sementara itu, lanjut Ari, masih banyak orang yang belum bisa membedakan dua gangguan kesehatan ini. Dia menjelaskan, penyakit mag hanya terjadi di lambung dengan gejala nyeri pada hulu hati, begah, mual, muntah, kembung, cepat kenyang, dan sendawa.

Sementara, GERD merupakan naiknya asam lambung ke kerongkongan atau balik arah. Gejala utama dari GERD adalah rasa panas di dada dan mulut terasa pahit.

"Bisa juga telinga berdenging, hidung tersumbat, gigi ngilu itu lebih ke GERD. Orang bisa kena GERD dan mag sekaligus tapi kalau murni GERD, dia biasanya enggak ada gejala-gejala di lambung," ujar Ari.

Sebagai pertolongan pertama ketika GERD kambuh, seseorang bisa mengonsumsi obat yang mengandung antasida atau sejenisnya untuk menetralkan asam lambung. Namun, jika sakit berlanjut maka harus segera mengunjungi rumah sakit.

Artikel ini telah tayang dengan judul Jangan Panik, GERD dan Maag Bisa Disembuhkan dengan Cara Ini.

Selain cara menyembuhkan mag dan GERD, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Aceh.