Mengerikan! 97.000 PNS Fiktif Terima Gaji Selama Bertahun-tahun
Ilustrasi PNS (pekanbaru.go.id)

Bagikan:

ACEH - Sufmi Dasco Ahmad, Wakil Ketua DPR, mengaku heran dengan adanya 97 ribu data pegawai negeri sipil (PNS) misterius alias fiktif. Ia prihatin, bagaimana bisa ada data PNS palsu sebanyak itu dan terus menerima gaji selama bertahun-tahun?

"Kita prihatin bisa kejadian ada PNS (fiktif, red) hampir 100 ribu dari tahun 2014 itu terus mendapatkan gaji," terang Sufmi, Jakarta, Selasa, 25 Mei.

Ia mendesak pemerintah dan pihak terkait untuk segera melakukan pembenahan sistem administrasi kepegawaian guna menelusuri data-data misterius itu.

"Perlu dicek secara tuntas! Larinya pembayaran uang negara tersebut kepada siapa? Kalau keliru sampai 10 sampai 15 orang kita masih bisa maklum," katanya.

Keganjilan Data Terkait Gaji PNS Sudah Terjadi Sejak Lama

Sebelumnya, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana, mengungkapkan bahwa pihaknya menemukan 97 ribu data pegawai negeri sipil (PNS) dan/atau aparatur sipil negara (ASN) fiktif.

Ribuan PNS yang tak jelas wujudnya ini disebut menerima gaji, bahkan dana pensiun.

"Ternyata hampir 100 ribu, tepatnya 97 ribu data misterius. Dibayar gajinya, dibayar iuran pensiunnya, tapi tak ada orangnya," ungkap Bima dalam tayangan YouTube Pengumuman BKN Kick Off Meeting Pemutakhiran Data Mandiri, Senin, 24 Mei.

Data tersebut, terang Bima, didapat setelah pihaknya melakukan pemutakhiran data pada 2014. Artinya, data misterius itu telah ada sejak pemutakhiran data pertama yang dilakukan pada 2002.

Artikel ini telah tayang di VOI.id dengan judul 97 Ribu PNS 'Misterius' Terima Gaji-Pensiuan Sejak 2014, DPR: Usut Tuntas! Waktunya Merevolusi Pemberitaan!