Ramadan Tiba, Jemaah Salat Tarawih Penuhi Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh
Warga Tarawih perdana di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh (Antara)

Bagikan:

Hari ini merupakan hari pertama puasa pada bulan Ramadan 1442 Hijriah. Semalam, ribuan jemaah padati Masjid Raya Baiturrahman di Banda Aceh, Provinsi Aceh, untuk melaksanakan salat Tarawih perdana tahun ini.

"Masjid Raya Baiturrahman adalah ini ikon Aceh, dan saat salat Tarawih suasananya juga mengingatkan kita seperti di Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi, " ungkap Nida, salah satu jemaah salat Tarawih, Senin, 12 April, dikutip dari Antara.

Jemaah yang tidak tertampung di bagian dalam masjid melaksanakan salat Tarawih di pekarangan masjid dan di bawah payung besar—seperti payung yang ada di Masjid Nabawi. Sebagian besar jemaah tampak membawa sajadah sendiri serta mengenakan masker ketika datang ke masjid tersebut.

Tarawih perdana di Masjid Raya Baiturrahman Aceh berkesan

Menurut Nida, Tarawih perdananya di Masjid Raya Baiturrahman memberikan kesan tersendiri. Meskipun dalam kondisi pandemi COVID-19, ia berharap niat dan semangat masyarakat untuk Tarawih berjemaah tidak surut.

"Semoga Ramadan tahun ini tidak mengurangi semangat dan niat kita untuk Tarawih berjemaah di masjid," harap Nida.

Sebelumnya, Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh, Tgk. Faisal Ali, menyatakan bahwa salat Tarawih bisa dilaksanakan di masjid atau musala terdekat seperti tahun-tahun sebelumnya.

"Untuk salat Tarawih tetap dilakukan seperti biasa, kecuali buka bersama atau safari subuh," katanya.

Selain salat Tarawih perdana di Masjid Raya Baiturrahman, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya, termasuk info Ramadan 2021, hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!