Madinah Panas, Jemaah Haji Indonesia Diingatkan Soal Alas Kaki dan Minum
Ilustrasi calon haji asal Indonesia berangkat ke Tanah Suci. (Antara)

Bagikan:

ACEH - Jemaah haji asal Indonesa yang masih di Arab Saudi diingatkan untuk tidak kehilangan alas kaki mengingat cuaca di Madinah lebih panas sehingga kaki rawan melepuh. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Daerah Kerja (Daker) Mekkah, Mukhammad Khanif.

"Simpan dengan baik alas kaki saat ke Masjid Nabawi dan jangan sampai ketinggalan. Alas kaki sangat penting agar kaki jemaah tidak kepanasan atau bahkan melepuh," terang Khanif saat melepas jemaah haji di Mekkah, Kamis, 21 Juli, dikutip VOI dari Antara.

Jemaah Haji Indonesia Diimbau Gunakan Alat Pelindung dan Banyak Minum

Jemaah haji Indonesia gelombang kedua yang berangkat dari Mekkah ke Madinah juga diminta membiasakan diri menggunakan alat pelindung. Khanif mencontohkan, payung atau topi bisa digunakan untuk melindungi diri dari paparan langsung sinar matahari.

Selain itu, Khanif mengingatkan jemaah untuk memperbanyak minum, tidak perlu menunggu haus. Lima kloter jemaah haji Indonesia atau 1.932 orang gelombang kedua diberangkatkan dari Mekkah ke Madinah pada Kamis, 21 Juli.

Diawali keberangkatan jemaah Kloter 24 Embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG 24) berangkat pukul 07.00 WAS, disusul 393 jemaah asal Sumatera Utara yang tergabung dalam Kloter 8 (MES 8) bergerak mulai pukul 09.20 Waktu Arab Saudi (WAS).

Keberangkatan Jemaah Haji Embarkasi Banda Aceh

Selanjutnya, Kloter 5 dari Embarkasi Banda Aceh (BTJ 5) sebanyak 387 orang dari Sektor 3 Raudhah pada 21 Juli 2022 pukul 13.00 Waktu Arab Saudi (WAS) menggunakan sembilan bus. Diperkirakan tiba di Madinah pukul 19.00 WAS.

Lalu, Kloter 22 dari Embarkasi Solo (SOC 22) sebanyak 356 orang dari Sektor 4 Jarwal pada 21 Juli 2022 pukul 15.00 WAS menggunakan delapan bus. Diperkirakan tiba di Madinah pukul 21.00 WAS.

Kemudian, Kloter 3 dari Embarkasi Makassar (UPG 3) sebanyak 389 orang dari Sektor 2 Syisyah pada 21 Juli 2022 pukul 17.00 WAS menggunakan sembilan bus. Diperkirakan tiba di Madinah pukul 23.00 WAS.

Mereka akan menjalani ibadah Arbain (salat berjemaah 40 waktu di Masjid Nabawi) selama delapan atau sembilan hari di Madinah.

Artikel ini telah tayang dengan judul Madinah Lebih Panas dari Mekkah, Jemaah Haji Indonesia Diingatkan Pakai Alas agar Telapak Kaki Tidak Melepuh.

Selain jemaah haji Indonesia, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.