Joko Anwar Akan Buat "Pengabdi Setan 3" dengan Catatan
Joko Anwar (Foto: ANTARA)

Bagikan:

ACEH - Joko Anwar, sutradara, memberikan isyaraat bahwa dirinya akan membuat Pengabdi Setan 3 jika Pengabdi Setan 2 yang tayang pada 4 Agustus nanti bisa membangun rasa keingintahuan para penonton.

“Apakah akan ada Pengabdi Setan 3? Kita akan lihat apakah penonton akan cinta atau tidak ke karakter-karakter yang ada di Pengabdi Setan 2, dan jawabannya akan kita ketahui dalam waktu yang singkat,” terang Joko Anwar setelah press screening di Jakarta, pada Selasa, 2 Agustus, dikutip VOI.

Tolok Ukur untuk Memutuskan Pembuatan Pengabdi Setan 3

Dia kemudian bercerita bahwa pembuatan Pengabdi Setan 2: Communion dimulai dari skenario film pertama yang menyisakan banyak pertanyaan menggantung.

Ketika Pengabdi Setan dirilis pada 2017, berbagai pihak mempertanyakan apakah film horor itu akan dilanjutkan dengan sekuel, tetapi Joko menegaskan bahwa dirinya akan melanjutkan film jika mendapat respons yang baik dari penonton.

“Kami akan bikin kelanjutannya dengan catatan filmnya harus sukses dulu. Sukses artinya apa? Apakah sukses komersil? Tidak. Sukses komersil tidak pernah menunjukkan bahwa film itu sukses. Sukses berarti filmnya harus sustain secara penonton ingin mengetahui kelanjutannya,” terangnya.

Baginya, ukuran sukses film yang dia buat bukan berdasarkan pencapaian angka seperti jumlah penonton. Joko mengatakan bahwa dirinya tidak terbebani dengan target jumlah penonton mengingat Pengabdi Setan 1 ditonton oleh lebih dari 4 juta penonton. Film pertama itu juga berhasil mendapatkan 13 nominasi dalam Festival Film Indonesia 2017 dan memenangkan tujuh di antaranya.

“Beban kami tidak pernah di angka. Kalau aku, sih, bikin film tidak pernah (soal) angka,” jelasnya.

Beban bagi Joko adalah apakah sebagai sutradara dirinya mampu memberikan pengalaman yang lebih bagi para pemain, kru, dan penonton yang telah menghabiskan waktu mereka demi mencapai tayangan yang apik.

“Mudah-mudahan aku tidak menghabiskan waktu mereka (pemain dan kru). Demikian juga dengan penonton, aku meminta mereka menonton ke bioskop dan bayar tiket, menghabiskan waktu mereka itu (untuk menonton) sia-sia atau tidak. Itu, sih, bebannya,” kata Joko.

Peningkatan Kualitas

Jika Pengabdi Setan 3 dibuat, Joko mengatakan, seluruh aspek dalam produksi film juga akan kembali ditingkatkan, seperti aspek cerita, storytelling, estetika, teknis, dan seterusnya. Sebelumnya, Joko telah mengungkapkan bahwa Pengabdi Setan 2 juga dibuat dengan standar setingkat lebih tinggi dari film sebelumnya.

“Ketika kami bikin film Pengabdi Setan 2, kami sepakat, karena kami sudah sepakat Pengabdi Setan 1 adalah standar yang terendah, kami mau tidak mau harus membuat Pengabdi Setan 2 setingkat lebih tinggi lagi pencapaiannya dari segi storytelling, estetika, teknis, dan sebagainya,” ujar Joko.

Menurut Joko, ia bersama sinematografer dan produser menyiapkan produksi Pengabdi Setan 2 dengan sedemikian rupa sehingga membutuhkan waktu untuk belajar terlebih dahulu selama kurang lebih tiga tahun demi menghasilkan pengalaman sinematik yang bagus.

“Karena kami tahu tingkat kesulitannya susah, dari set up kamera hingga set up lighting, demikian juga dengan directing-nya. Dan itu kan dari segi directing-nya juga harus belajar, tidak boleh ada yang terbuang directing-nya dan aktingnya segala macam. Jadi itu belajar, tiga tahun belajarnya,” kata Joko Anwar.

Artikel ini telah tayang dengan judul Joko Anwar Beri Kode Bakal Ada Pengabdi Setan 3.

Selain sinyal Pengabdi Setan 3, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.