Upaya Pengungkapan Kematian Brigadir J Dapat Pantauan Serius, Istana Berkoordinasi dengan Komnas HAM
Ahmad Taufan Damanik, Ketua Komnas HAM (Foto Nailin/VOI)

Bagikan:

ACEH - Istana memantau dengan serius pengusutan yang dilakukan oleh tim gabungan terhadap kasus kematian Nofryansah Yosua Hutabarat alias Brigadir J di rumah singgah Irjen Ferdy Sambo. Koordinasi dilakukan oleh Istana dengan Komnas HAM yang juga terlibat dalam pengusutan kasus tersebut.

Ketua Komnas HAM, Ahmad Taufan Damanik, menjelaskan bahwa pihaknya akan berkoordinasi dengan istana mengenai perkembangan kasus tersebut pada Rabu, 27 Juli. Perhatian dari istana membuat Komnas HAM akan semakin serius dalam upaya membongkar misteri kematian polisi tersebut.

"Artinya kami akan bekerja lebih sungguh-sungguh lagi. Tidak saja untuk meyakinkan keluarga tentang apa sebetulnya yang terjadi, masyarakat juga ingin tahu, kepala negara kita ingin tahu apa yang sebetulnya terjadi," terang Ahmad Taufan Damanik di kantornya ketika menunggu kedatangan para ajudan Irjen Sambo, Selasa, 26 Juli, dikutip VOI.

Upaya Pengungkapan Misteri Kematian Brigadir J

Hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh dokter forensik pada Senin, 25 Juli akan dibandingkan dengan data versi keluarga. Kemudian, semua itu akan dibandingkan lagi dengan hasil autopsi ulang terhadap jenazah Brigadir J. Autopsi ulang Nofryansah Yosua Hutabarat alias Brigadir J rencananya akan melibatkan banyak dokter forensik dari beberapa instansi.

Setelah hal tersebut didapat, barulah Komnas HAM akan mulai menelusuri penyebab kematian Nofryansah Yosua Hutabarat. Termasuk di dalamnya dugaan adanya penyiksaan yang diterima oleh Brigadir J.

"Kita ingin buktikan itu," lanjut dia.

"Kemudian dari temuan kita mengenai kondisi tubuh jenazah itu kita akan tarik ke soal peluru peluru akan berkait dengan senjata senjata akan berkait dengan siapa pemilik senjata itu,"

"Baru nanti kita cari motifnya apa jadi masih ada tahapan tahapan untuk sampai situ kami Komnas ham tidak mau dipengaruhi oleh banyak macam spekulasi," tandasnya.

Artikel ini telah tayang dengan judul Istana Pantau Serius Pengusutan Kematian Brigadir J, Koordinasi Lewat Komnas HAM.

Selain pengusutan Brigadir J, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.