2 Ladang Ganja di Aceh Utara Dimusnahkan, Pelaku Tidak Ditemukan
Tim gabungan memusnahkan enam hektare ladang ganja di Kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Utara (ANTARA/HO/Dok-BNN RI)

Bagikan:

ACEH - Beberapa waktu lalu Badan Narkotika Nasional (BNN) memusnahkan ladang ganja di Aceh Utara seluas enam hektare. Ladang ganja itu tersebar di dua titik di Kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Utara, Aceh.

Menurut Direktur Narkotika Deputi Bidang Pemberantasan BNN, Brigjen Pol. Roy Hardi Siahaan, total berat tanaman ganja yang dimusnahkan mencapai 10 ton.

"Tanaman ganja dimusnahkan dengan cara dicabut dan dibakar. Pemusnahan ladang ganja ini bertepatan dengan hari antinarkotika internasional dan sebagai wujud nyata BNN dalam memerangi narkoba," terang Roy Hardi, Selasa, 28 Juni, dikutip VOI dari Antara.

Penemuan Ladang Ganja di Aceh Utara

Dalam pemusnahan tersebut, 147 personel tim gabungan yang terdiri atas BNN, TNI, Polri, Satpol PP, Kejaksaan Dinas Pertania, dan instansi terkait lain diterjunkan.

Lokasi ladang ganja itu diketahui berkat kerja sama antara BNN dengan Badan Informasi Geospasial (BIG) serta Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Ladang ganja belokasi di Dusun Alue ie Mudek, Desa Teupin Reusep dan Desa Blang Manyak, Kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Utara.

Lokasi ladang ganja sulit dijangkau dan dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat. Ladang ganja ada di lereng bukit dengan ketinggian 50 dan 217 meter di atas permukaan laut (mdpl).

"Dalam operasi pemusnahan ladang ganja tersebut, petugas tidak menemukan pelakunya. Pelaku penanaman tanaman narkotika tersebut dapat dijerat dengan ancaman hukuman mati atau pidana penjara seumur hidup," papar dia.

Program GDAD

BNN memastikan bakal menggencarkan Program "Grand Design Alternative Development" (GDAD) yang bertujuan mengalihkan masyarakat menanam ganja ke tanaman lainnya.

"Tujuan pengalihan tanaman ini untuk mencegah masyarakat menanam ganja sehingga produksi tanaman terlarang tersebut bisa turun di Provinsi Aceh," ujarnya.

Artikel ini telah tayang dengan judul Ada Ladang Ganja Seluas 6 Ha di Aceh Utara, Tersembunyi di Lereng Bukit.

Selain ladang ganja di Aceh Utara, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.