Jangan Langsung Minum Teh Manis saat Berbuka Puasa! Ini Sebabnya
Ilustrasi minum teh manis saat buka puasa (Unsplash/Reyhaneh Mehrnejad)

Bagikan:

ACEH - Waktu berbuka puasa menjadi saat yang menyenangkan bagi orang yang sedang berpuasa. Salah satu kebiasaan orang Indonesia adalah minum teh manis saat berbuka. Ditambah es, hidangan sederhana tersebut bisa terasa sangat nikmat. Namun, tahukah Anda jika berbuka puasa langsung dengan teh manis bisa berdampak kurang baik bagi tubuh?

Kandungan teh bisa memengaruhi pencernaan dan metabolisme, terutama jika diminum saat perut kosong. Sebagai contoh, ketika azan Magrib berkumandang teh langsung menjadi menu pertama untuk membatalkan puasa. Atau, ketika bangun tidur dan kondisi perut sedang kosong. Untuk lebih jelasnya, berikut VOI paparkan alasan untuk tidak langsung minum teh manis saat berbuka puasa. 

Risiko Langsung Minum Teh Manis saat Berbuka Puasa

1. Mengganggu metabolisme

Minum teh saat perut kosong bisa mengganggu metabolisme karena zat asam dan basa dalam perut tidak seimbang. Maka, jangan langsung minum teh manis saat buka puasa. Bukalah dengan air mineral dan beri jeda 15-20 menit untuk minum teh, saran Rujuta Diwekar, nutrisionis dilansir NDTV. Saat jeda, Anda bisa mengisi perut dengan buah atau kurma sebelum minum teh.

2. Merasa haus terus

Teh bersifat diuretik yang menghilangkan air dari tubuh. Saat berpuasa, Anda sudah kehilangan cairan karena tidak minum dan makan selama lebih dari 8 jam. Maka tubuh akan mengalami kekurangan cairan berlebihan jika langsung dibuka dengan minum minuman ini.

3. Bikin mual dan pusing

Sama seperti kopi, hanya saja keduanya memiliki tingkat kafein yang berbeda. Teh bisa bikin mual dan pusing ketika langsung diminum saat berbuka puasa. Nah, saat perut kosong, paling tepat diisi dengan minuman yang netral seperti air mineral.

4. Penyerapan zat besi menurun

Mengutip Boldsky, teh hijau ternyata dapat menurunkan efektivitas penyerapan zat besi. Jadi bagi Anda yang cenderung mengalami anemia, sebaiknya tidak minum teh saat perut kosong karena zat besi dari sumber makanan lain tidak bisa terserap maksimal oleh tubuh.

5. Menyebabkan konstipasi

Teh mengandung senyawa kimia yang disebut theophylline. Efek dari senyawa tersebut selain membuat cairan tubuh menurun, juga menyebabkan konstipasi. Artinya, isi dulu perut dengan minuman lain selain teh. Baru setelah terisi, Anda bisa menikmati teh manis dengan aroma wangi.

Artikel ini telah tayang dengan judul 5 Alasan Kenapa Jangan Langsung Minum Teh Manis Saat Buka Puasa.

Selain tidak baik langsung minum teh manis saat berbuka, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.