Pentingnya Gizi Seimbang Menu Buka dan Sahur
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara/Pixabay)

Bagikan:

ACEH - Asupan gizi seimbang harus tetap diperhatikan saat menjalani puasa Ramadan. Asupan gizi bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi masing-masing orang. Menu buka dan sahur tak bisa hanya "sekadar enak" atau "sekadar suka". 

"Bagi masyarakat yang menjalankan ibadah puasa harus tetap memperhatikan asupan gizi seimbang, terutama saat berbuka atau makan sahur," terang Dokter Spesialis Gizi Klinik, Nurhati Febriani, dikutip VOI dari Antara.

Manfaat Gizi Seimbang pada Menu Buka dan Sahur

Dia menjelaskan, asupan gizi seimbang dibutuhkan untuk mempertahankan berat badan ideal, mencegah kegemukan, dan menjaga kebugaran serta kesehatan tubuh. Hal tersebut juga akan berhubungan dengan kelancaran ibadah puasa.

"Dengan demikian masyarakat akan tetap bugar dan sehat, sehingga dapat mendukung kelancaran ibadah puasa yang sedang dijalankan, terlebih lagi di masa pandemi COVID-19 seperti sekarang ini diperlukan tubuh yang sehat dengan imunitas yang baik," terang Nurhati.

Dia menambahkan, saat berbuka puasa dan sahur masyarakat harus memperhatikan kandungan makronutrien, seperti karbohidrat, protein, dan lemak, serta mikronutrien, seperti vitamin, mineral, dan air.

"Masyarakat juga sebaiknya membatasi konsumsi minum dingin dan es serta makanan pedas dan asam karena saluran cerna tidak dilalui makanan sekitar 12-15 jam, maka lambung akan lebih sensitif bila mengonsumsi makanan atau minuman jenis itu," katanya.

Batasi Kuliner Terlalu Manis

Selain itu, tambah dia, masyarakat perlu membatasi konsumsi makanan dan minuman yang terlalu manis sebab akan dicerna lebih cepat sehingga akan cepat lapar.

"Hindari juga mengonsumsi kopi secara berlebihan karena akan menstimulasi tubuh untuk sering buang air kecil, cairan tubuh berkurang dan menyebabkan dehidrasi dan lemas," katanya.

Ia menambahkan bahwa mengonsumsi makanan dengan kandungan nutrisi yang baik sangat dibutuhkan oleh setiap individu, terutama pada Ramadan.

"Bahkan perlu juga dipertahankan sepanjang tahun, sehingga tubuh akan makin fit, sehat, dan bugar," katanya.

Sementara itu, ia juga mengingatkan pentingnya mengonsumsi banyak air putih, terutama saat sahur untuk proses pelarutan dan pengeluaran racun melalui air seni.

"Selain itu mengonsumsi banyak air juga penting untuk menjaga agar tidak menyebabkan dehidrasi dan lemas saat menjalankan ibadah puasa," katanya.

Artikel ini telah tayang dengan judul Dokter Ingatkan Pentingnya Asupan Gizi Seimbang Saat Buka dan Sahur Selama Ramadan.

Selain menu buka dan sahur, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.