Cara Menanam Bunga Lantana yang Cantik Beraroma Pedas
Ilustrasi bunga lantana (Unsplash/Rminedaisy)

Bagikan:

Aceh - Bunga lantana bernama ilmiah Lantana camara. Tanaman ini memiliki 150 spesies. Bunga lantana tergolong tanaman perennial atau bisa hidup lebih dari 2 tahun. Selain itu, ada berbagai varian warna bunga, seperti campuran gradasi merah, oranye, kuning, biru, putih, dan merah muda. Cara menanam bungan lantana tidak susah.

Bunga lantana merupakan tanaman semak, bentuk bunganya berkelompok seperti pom-pom. Pada masing-masing bunga terdapat 4 kelopak dan jika mekar gradien warna akan menyebar ke seluruh bagian bunga. Dikutip VOI dari Petal Republic, aroma bunga lantana pedas menyengat.

Tanaman ini berasal dari daerah tropis Amerika, terutama Amerika Tengah dan Selatan. Tanaman ini pertama kali diperkenalkan oleh penjelajah Belanda, kemudian tersebar hingga Asia, Timur Tengah, Oseania, dan Afrika. Saat ini, lantana tumbuh di 60 negara tropis dan subtropis di seluruh dunia.

Dalam pengobatan herbal, bunga ini digunakan untuk mengobati berbagai penyakit, seperti asma, kanker, cacar air, gatal kulit, kusta, campak, dan bisul. Beberapa penelitian membuktikan bahwa beberapa spesies bunga lantana mungkin memiliki sifat insektisida, antimikroba, dan fungisida.

Namun perlu diingat, bunga ini beracun bagi manusia dan hewan peliharaan. Jadi, letakkan tanaman ini di tempat yang terlindungi agar tidak mudah diakses oleh hewan peliharaan di rumah, misalnya menanam di pot gantung. Nah, cara menanam dan perawatan bunga lantana, berikut penjelasannya.

Cara Menanam Bunga Lantana dengan Mudah

Anda bisa menanam bunga lantana dari biji atau dari stek batang. Cara yang lebih mudah adalah stek batang karena tidak perlu merawat dan penyesuaian perlakuan ketika pembenihan. Untuk cara menanam stek, pilih batang yang tua. Sebelum ditanam, potong daun-daun yang sudah tua, sisakan sedikit saja. Ini bertujuan untuk mempercepat proses pertumbuhan akar.

Siapkan media tanam campuran dari tanah dan sekam. Pastikan media tanam tersebut pas kelembapannya. Kemudian, tancapkan batang lantana dan letakkan di tempat yang teduh. Lakukan penyiraman 2 hari sekali atau dirasa tanahnya sudah kering. Sekitar usia 2 minggu setelah stek, lantana akan tumbuh akar.

Cara Merawat Bunga Lantana

Lantana merupakan tanaman yang tangguh. Tanaman ini mampu hidup di cuaca kering dan tetap subur saat musim hujan. Cara merawat bunga lantana tidak susah. Hal pertama yang perlu diketahui, pastikan tanaman ini terpapar matahari pada pagi dan sore hari. Tanaman ini akan lebih sedikit berbunga jika diletakkan di tempat yang teduh.

Kedua, tanaman ini menyukai tanah yang sedikit asam. Maka pastikan tanahnya tetap lembap dengan tingkat keasaman yang pas. Ketiga, siram lantana ketika media tanamnya mulai mengering. Jika pembungaan melambat, cobalah menyiramnya lebih sering.

Keempat, pemupukan bisa dilakukan pada awal musim semi. Tanaman ini tidak membutuhkan perawatan khusus, hanya saja membutuhkan pupuk agar bunga lebih banyak. Setiap bulan, beri tanaman ini pupuk.

Kelima, lakukan pemangkasan untuk mendorong percabangan dan pembungaan. Karena tanaman ini tumbuh secara agresif, jadi pangkas ketika mulai lebat.

Mudah bukan cara menanam dan merawat bunga lantana? Jika tertarik menanamnya, pilih varietas warna bunganya supaya membuat kebun Anda lebih warna-warni.