Bunga Calandiva, Tanaman Kaya Warna yang Perlu Perawatan Khusus
Ilustrasi mengenal cara merawat tanaman sukulen calandiva (iStockphoto)

Bagikan:

ACEH - Anda bisa menanam tanaman sukulen bunga calandiva untuk membuat halaman rumah semakin cantik. Banyaknya warna yang disajikan oleh bunga ini membuat tampilan depan rumah semakin indah di pandang mata. 

Tanaman sukulen ini dikembangkan di Belanda dan mulai dikenal pada tahun 2003. Dikutip VOI dari Martha Stewart, Debbie Neese, ahli hortikultura, mengatakan bahwa mekar bunganya bisa berlangsung sekitar enam hingga delapan minggu. Sukulen calandiva tidak hanya mampu tumbuh di wilayah tropis, tetapi juga bisa hidup di negara dingin dengan suhu rata-rata 10 derajat Celcius.

Cara Merawat Bunga Calandiva

Salah satu cara yang bia dilakukan untuk mengembangbiakkan tanaman ini adalah dengan teknik stek, tetapi prosesnya lumayan sulit. Untuk membuatnya kembali mekar, Anda perlu memangkas beberapa daun yang menyembunyikan batang yang menghasilkan tunas.

Di kawasan tropis, bungan ini menyukai area yang sejuk atau tidak terpapar sinar matahari secara langsung. Satu hal lagi yang penting saat akan merawat tanaman calandiva tidak terlalu banyak menyiramnya.

Berilah pupuk sebulan sekali. Sementara, untuk mempercepat proses pembungaan Anda bisa melakukan cara yang direkomendasikan oleh Nesse.

Bagi para penghobi, ingatlah bahwa calandiva menyukai tanah yang sedikit kering. Saat Anda menyiram, pastikan air tidak menggenang atau lubang drainase bekerja dengan baik. Tanaman ini tidak dapat mentolerir tanah basah, karena bisa membuat busuk akar. Nah, campuran media tanam yang menjaga keseimbangan lingkungan hidup tanaman ini juga penting diperhatikan.

Pengembangbiakkan Bunga Calandiva

Cara mengembangbiakkan bunga calandiva, memang sedikit membutuhkan perlakuan khusus dan kesabaran. Nesse menjelaskan, banyak orang membuangnya setelah mekar bunganya habis karena perlu waktu lama untuk bunga kembali.

Agar bunga tanaman sukulen calandiva tetap menghias rumah Anda, pangkas beberapa daun yang menyembunyikan batang yang menghasilkan kuncup. Selanjutnya, terang Nesse, taruh di tempat lebih gelap selama 14-16 jam sehari. Setelah jam tersebut, letakkan di tempat yang terang tetapi tidak terpapar matahari langsung.

Lakukan cara tersebut selama beberapa waktu hingga kuncup kecil terbentuk. Kemudian letakkan kembali ke cahaya terang dan Anda bisa menikmati bunganya mekar indah.

Artikel ini telah tayang dengan judul Mengenal Jenis Tanaman Sukulen yang Berbunga Indah, Calandiva.

Selain bunga calandiva, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.