Rekomendasi Tanaman untuk Mengusir Serangga dari Rumah
Ilustrasi (Karolina Grabowska/Pexels)

Bagikan:

ACEH - Berbagai jenis serangga bisa muncul ketika musim hujan datang. Jika Anda merasa tidak nyaman dengan banyaknya serangga di dalam rumah, ada beberapa tanaman untuk mengusir serangga yang bisa dimaksimalkan.

Beberapa jenis tanaman beraroma kuat bisa digunakan untuk menangkal serangga masuk ke dalam rumah, bahkan mengusir mereka. Berikut ini beberapa jenis tanaman yang mudah ditemui itu, dikutip VOI dari House Beautiful.

Berbagai Jenis Tanaman Pengusir Serangga yang Mudah Didapatkan

Kemangi

Jika ingin mengusir lalat dan nyamuk di dalam rumah, coba letakkan satu pot kemangi di dalam rumah. Sejak zaman dahulu tanaman ini sudah digunakan untuk menghilangkan hama karena punya aroma yang kuat. Sebagai bonus, kemangi juga bisa digunakan untuk menghias makanan jadi lebih cantik, bahkan jadi lalapan.

Lavender

Punya hobi menanam bunga tak hanya berbuah keindahan. Cobalah menanam lavender. Ini merupakan tanaman yang baik untuk mengusir serangga. Aromanya ampuh untuk mengusir lalat, kumbang, bahkan kutu. Selain fungsinya, bunga lavender juga punya rupa yang cantik sehingga cocok dijadikan hiasan meja. Selain itu, aroma lavender dapat menenangkan jika dihirup manusia sehingga membantu tidur lebih pulas.

Rosemary

Rosemary sering digunakan untuk menambah aroma masakan. Tanaman ini ternyata juga bisa digunakan untuk mengusir serangga, misalnya agas dan lalat. Anda bisa meletakkan rosemary di dapur atau beberapa bagian rumah yang sering didatangi serangga.

Krisan

Bunga krisan dikenal mampu memurnikan udara dalam ruangan dan menghilangkan racun. Minyak yang diproduksi oleh tanaman krisan adalah salah satu penolak serangga alami yang paling kuat

Aromanya yang wangi membuat bunga krisan juga sering ditambahkan ke dalam minuman seperti teh untuk menambah rasa nikmat dan wangi dari minuman.

Marigold

Aroma marigold biasa mencegah lalat, agas, nyamuk, dan pengusir hama. Anda tidak perlu membeli semprotan nyamuk jika Anda memiliki pengusir serangga alami ini.

Daun min

Tanaman daun min memiliki aroma menyengat yang tidak disukai serangga seperti nyamuk, lalat, dan semut. Tanaman ini dapat ditanam di dalam pot dan diletakkan di sudut rumah atau di dekat jendela.

Selain mengusir serangga, daun min juga bermanfaat sebagai tanaman obat tradisional di rumah ataupun sebagai bahan tambahan dalam masakan.