Berkenalan dengan Bunga Kamboja dan Beberapa Spesiesnya
Ilustrasi bunga kamboja atau frangipani (Unsplash/Tudor Adrian)

Bagikan:

ACEH - Bunga kamboja adalah bunga yang sering dijumpai di tanah pemakaman. Namun, beberapa orang menanam bunga kamboja di depan rumah. Sudahkah Anda tahu lebih jauh soal bunga beraroma khas ini?

Tanaman ini memiliki nama ilmiah Plumeria. Di Bali, dikenal dengan frangipani yang biasa disematkan pada rambut saat ritual agama Hindu. Bunga kamboja punya aroma yang khas. Tak jarang bunga ini diolah menjadi minyak esensial.

Umumnya, jumlah kelopak bunga kamboja berjumlah 5. Berdasarkan mitos, kelopak bunga kamboja berjumlah 4, 6, dan 9 bisa mendatangkan keberuntungan.

Dikutip VOI dari Plant Care Today, ada 11 spesies tanaman Plumeria. Habitat asli tanaman ini ada di Karibian dan Amerika Tengah hingga Brasil. Namun, tanaman cantik ini bisa tumbuh di banyak negara di dunia.

Ragam Spesies Bunga Kamboja

Spesies paling populer adalah Plumeria rubra, yang merupakan bunga negara Nikaragua. Bunganya yang harum memiliki arti khusus bagi pemeluk agama Buddha dan Hindu. Kamboja digunakan dalam upacara pernikahan, pemakaman, dan menjadi simbol status hubungan. Selain itu, kamboja juga memiliki manfaat dalam pengobatan tradisional.

Spesies lain disamping Plumeria rubra antara lain Plumeria stenophylla, Plumeria pudica, Plumeria obtusa, dan Plumeria alba. Untuk spesies Plumeria rubra sendiri memiliki beberapa kultivar dengan ditandai warna bunga yang berbeda-beda, mulai dari putih bersemu kuning, merah jambu, merah, biru, oranye, dan kuning pucat.

Bagi Anda yang ingin menanam salah satu spesies tanaman kamboja, menurut feng shui ternyata justru memberikan energi positif. Artinya, ‘bunga kuburan’ tak lagi bikin enggan untuk ditanam di halaman depan rumah.

Tanaman kamboja mampu menetralisir energi negatif, bahkan energi buruk dan mikroba karena proses pembusukan bisa dihalau oleh tanaman ini. Dalam pandangan feng shui, kamboja membawa chi yang mendatangkan rezeki.

Punya hobi bercocok tanam dan tertarik dengan bunga ini? Cara menanam bunga kamboja cukuplah mudah. Anda bisa membeli bibit di toko tanaman dan memberikan perawatan rutin supaya subur dan berbunga indah. Oiya, Anda juga bisa memilih warna bunganya sesuai spesies ataupun kultivar yang memiliki aneka ragam warna.

Artikel ini telah tayang dengan judul Mengenal Bunga Kamboja, Bolehkah Menanamnya di Depan Rumah?