Cara Menanam Cabai di Rumah, Solusi Kenaikan Harga Pangan
Ilustrasi Cabai (Lum3n/Pexels)

Bagikan:

ACEH - Tanaman cabai sangat mudah untuk ditanam di rumah. Cara menanam cabai di rumah juga tidak memerlukan peralatan kebun mewah. Anda bisa memaksimalkan peralatan yang ada di rumah.

Yang sering jadi pertimbangan adalah lahan, padahal menanam cabai tak perlu mencari lahan yang luas. Anda bisa menggunakan pot atau polybag. Dengan harga cabai yang terkadang sangat tinggi, kegiatan ini tentu menarik dilakukan. Berikut ini empat cara menanam pohon cabai di rumah, dikutip VOI dari Instructables.

Beberapa Hal Terkait Cara Menanam Cabai di Rumah

Memilih biji cabai

Jika tidak sempat membeli bibit, ada cara yang bisa digunakan untuk memulai hobi ini. Ambil jenis cabai favorit Anda yang ada di rumah, kemudian iris, dan buang semua bijinya. Tebarkan biji tersebut di atas serbet atau tisu, kemudian biarkan agar kering selama 2--3 hari. Setelah kering, semai biji cabai.

Menyemai biji cabai

Tanaman cabai biasanya butuh tanah lapang dengan drainase yang baik. Pertama-tama letakkan gelas plastik yang sudah dilubangi di atas nampan. Kemudian, isi gelas dengan tanah dan pupuk kompos dengan perbandingan 3:1, lalu simpan media semai ini selama seminggu di tempat yang gelap. Jaga agar tanah tetap lembab tetapi jangan terlalu banyak menyiramnya. Siram setiap hari atau setiap 2 hari sekali tergantung cuaca. Pastikan ada siklus penyiraman basah-kering-basah-kering.

Benih akan mulai tumbuh dan Anda akan melihat dua daun kecil di permukaan tanah dalam waktu 7--10 hari setelah benih ditanam. Terus siram setiap hari dan pastikan tanaman cabai terkena sinar matahari 4--6 jam setiap hari.

Mulai menanam cabai

Cara menanam cabai bisa dilakukan saat biji berkecambah telah berusia sekitar empat minggu. Pindahkan bibit ke pot yang telah diisi tanah dan pupuk organik. Demi kesuksesan penanaman, perhatikan juga ukuran potnya. Gunakan pot yang tepat, setidaknya diameter pot 30 cm. 

Sementara, tanah yang tepat untuk digunakan dalam cara menanam cabai ini adalah jenis tanah yang gembur. Teksturnya tidak terlalu berpasir, tapi tidak terlalu padat juga. Selain itu, pastikan juga tanah tersebut mengandung unsur hara yang tinggi.

Perawatan tanaman cabai

Teratur menyiram dan menggemburkan tanah dapat membuat cabai tumbuh lebih besar. Semakin besar cabai, semakin kuat level pedasnya. Setelah ukuran cabai mencapai 5-7 cm, Anda bisa memetiknya untuk dimasak. Jika Anda membiarkannya cukup lama di pohon, cabai hijau akhirnya akan berubah menjadi merah. Semakin merah, semakin pedas cabainya!

Artikel ini telah tayang dengan judul Hemat Pengeluaran, Ini 4 Tips Praktis Menanam Cabai di Rumah.

Selain cara menanam cabai di rumah, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Aceh.