Ternyata Inilah Manfaat Air Garam untuk Tanaman
Ilustrasi manfaat air garam untuk tanah dan tanaman (Unsplash/Kasya Shahovskaya)

Bagikan:

ACEH - Salah satu hal yang penting bagi kesuburan tanaman adalah pemberian pupuk, baik organik maupun nonorganik (kimia). Namun, kabarnya ada pula manfaat air garam untuk tanaman, yaitu menyuburkan atau membuat buah terasa lebih enak, benarkah?

Dikutip VOI dari Dengarden, sebuah studi membuktikan bahwa nutrisi dalam makanan terganggu oleh penipisan tanah. Kandungan protein, kalsium, fosfor, sat besi, riboflavin, dan asam askorbat menurun, menurut penelitian yang diterbitkan tahun 2004 oleh para peneliti di University of Texas di Austin. Penelitian ini menganalisis data mengenai 43 tanaman kebun selama 5 dekade,yaitu 1950--1999.

Berangkat dari penelitian tersebut, Dokter Murray memiliki teori bahwa dengan menambahkan nutrisi ke tanah sehingga tanaman dapat menyerap nutrisi tersebut. Untuk membuktikan teorinya, Murray membeli tanah untuk dimanfaatkan dalam memperbaiki kondisi tanah dengan memakai pupuk garam laut. Berikut ini beberapa hal terkait air garam untuk tanaman yang perlu diketahui para pemilik hobi bercocok tanam.

Beberapa Hal Soal Manfaat Air Garam untuk Tanaman

Air garam sebagai pupuk

Dalam penelitiannya, Murray menemukan bahwa garam laut sangat bermanfaat untuk dijadikan pupuk. Manfaatnya antara lain meningkatkan pertumbuhan tanaman, hasil panen lebih banyak, tanaman lebih tahan terhadap serangan hama serta penyakit, hasil buah atau tanaman terasa lebih enak, buah atau tanaman tidak mudah busuk, dan tingkat gula serta vitamin lebih tinggi.

Cara memberikan pupuk air garam

Murray, dalam penelitiannya juga melakukan berbagai percobaan. Pada penemuannya, ia menyarankan cara memberi pupuk air garam pada tanaman. Pertama, larutkan satu sendok teh garam laut dalam 4,5  liter air. Saring garam yang tidak larut kemudian semprotkan pada tanaman ketika musim tanam sebanyak sekali satu minggu. Lebih baik lagi jika tanaman dalam air mengalir.

Cara lainnya, pupuk pohon setiap 4 bulan dengan menaburkan garam laun di atas akar pohon sebanyak 2 sendok makan. Untuk tanaman bunga, taburkan garam laut di sekitar bunga sebulan sekali. Artinya beri jarak sejauh 3 inchi dengan pangkal tanaman. Kemudian siram dengan air sumur.

Efek garam pada tanaman

Garam adalah zat yang kandungannya sangat rendah pada tanah. Sementara, tanaman membutuhkan salinitas untuk bertahan hidup. Salinitas membutuhkan garam, yang artinya keberadaan garam pada tanah sebagai nutrisi diperlukan. Namun, garam memiliki konsentrasi mineral yang tinggi sehingga jika ukurannya terlalu banyak bisa menjadi racun bagi sebagian besar tanaman.

Tanaman juga bisa keracunan garam

Ketika memberikan pupuk garam laut ke tanaman, disarankan pada air mengalir. Artinya air garam tidak mengendap pada daun sehingga menghambat fotosintesis. Pun jika menaburkannya ke tanah, jika terlalu banyak bisa mengganggu osmosis atau air terserap keluar dari tanaman sehingga menyebabkan dehidrasi.

Disarankan untuk menyirami kebun Anda dengan baik setelah pemupukan. Jika area kebun terlalu luas, bisa disirami dengan meregangkan beberapa selang tetesan.