Khasiat Akar Teratai untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui
Ilustrasi khasiat akar lotus untuk kesehatan (Freepik/Dashu83)

Bagikan:

ACEH - Lotus atau teratai adalah tanaman air yang edible. Tanaman ini aman dimakan dan punya banyak resep yang menggugah selera. Selain itu, ada khasiat akar teratai untuk kesehatan.

Tanaman dengan bunga putih dan merah muda ini punya habitat asli di Asia, Australia, dan sebagian Timur Tengah.

Rimpang teratai punya bentuk bersegmen dan bisa dimakan. Tanaman ini bisa tumbuh hingga 4 kaki dengan rimpang sepanjang 10--20 sentimeter dan diameter 6--10 sentimeter. Di Jepang akar teratai disebut renkon, di Cina disebut lian ou, di Korea dikenal sebagai yeonguen, dan di India disebut kamal kakdi.

Rimpang teratai berbentuk tabung berongga sehingga tampak cantik saat dimasak dengan dipotong tipis. Dikutip VOI dari Honest Food Talks, akar teratai punya rasa agak manis seperti kastanye air. Tekstur akar teratai renyah dan kenyal jika diolah dengan cara dikukus atau direbus sebagai sup.

Dalam setengah porsi sup akar lotus sama sekali tidak mengandung lemak tetapi terdapat 1 gram protein, kalori (40 gram), natrium (27 mg), karbohidrat (9,6 gram), serat (1 gram), vitamin C (16,4 mg), vitamin B (0,2 mg). Bahan makanan ini mengandung indeks glikemik rendah, tepatnya dengan beban glikemik 3.

Mengenal Manfaat Akar Teratai untuk Kesehatan

1. Mendukung kesehatan jantung

Akar lotus mengandung folat dan vitamin C sehingga memiliki manfaat untuk mencegah penyakit jantung. Di dalamnya juga terdapat kandungan potasium dan cukup kalium untuk membantu seseorang dengan tekanan darah tinggi.

2. Menjaga kesehatan pencernaan

Serat dibutuhkan untuk bisa buang air besar secara teratur. Serat tidak larut dalam akar lotus bisa membantu mendapatkan manfaat tersebut ditambah lagi dapat membantu saluran pencernaan sehat.

3. Mengurangi risiko cacat lahir

Bagi ibu hamil, akar teratai memberikan beberapa nutrisi penting untuk menjaga kesehatan kehamilan. Dilansir VeryWellFit, kandungan folat (vitamin B9) dalam akar lotus baik untuk ibu hamil. Orang subur disarankan untuk berhati-hati dan perlu mendapatkan cukup folat untuk mencegah cacat bawaan yang berbahaya.

4. Mengobati Hay Fever

Beberapa bukti menemukan bahwa bubuk akar lotus dapat membantu meringankan gejala alergi hidung. Studi ini cukup menjanjikan, meski perlu dilakukan penelitian pada manusia dengan variabel lebih banyak untuk memastikan manfaat akar lotus. Efek anti inflamasi pada akar lotus dicobakan pada tikus, hasilnya dapat mengurangi kemerahan dan rambut rontok sebagai respons terhadap alergen.

5. Merangsang sirkulasi darah

Akar lotus kerap dijadikan sebagai menu diet seimbang, dilansir Organic Facts. Makanan dari akar ini bagus untuk merangsang sirkulasi darah. Mereka juga dapat bermanfaat meningkatkan energi karena mengandung tembaga dan zat besi. Kedua kandungan tersebut terutama bermanfaat untuk mengurangi anemia dan meningkatkan vitalitas.

Artikel ini telah tayang dengan judul Ternyata Bernutrisi Tinggi, Ketahui 5 Khasiat Akar Lotus untuk Kesehatan.

Selain khasiat akar teratai untuk kesehatan, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.