5 Tips Eksfoliasi di Rumah yang Aman untuk Kulit Wajah
Ilustrasi cara eksfoliasi kulit wajah dengan benar (Pexels/Polina Kovaleva)

Bagikan:

ACEH - Eksfoliasi merupakan proses pengangkatan atau penghilangan sel-sel kulit mati dari lapisan kulit. Dalam dunia kecantikan, eksfoliasi tak hanya dilakukan pada wajah, tetapi seluruh tubuh. Namun, kulit wajah merupakan bagian yang paling sensitif dibanding kulit di bagian tubuh yang lain sehingga harus berhati-hati agar tidak merusak kulit, apalagi jika dilakukan sendiri. Oleh sebab itu, tips eksfoliasi di rumah secara aman perlu Anda ketahui. 

Salah satu tips yang bisa Anda pilih adalah rekomendasi dari American Academy of Dermatology Association. Hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah jenis atau karakter kulit wajah Anda.

Tidak semua eksfoliasi cocok untuk setiap jenis kulit. Seperti untuk kulit sensitif yang bisa menyebabkan merah terbakar setelah menggunakan produk eksfoliasi. Untuk kulit kering, mungkin akan terasa gatal dan kasar.

Sementara, orang dengan kulit berminyak bisa terlihat bercahaya meski sebum tetap banyak dilepaskan. Untuk kulit kombinasi, berpotensi menyebabkan kering di beberapa area dan berminyak di area lain. Berikut adalah beberapa tips yang telah dikumpulkan oleh tim VOI.

Beberapa Tips Eksfoliasi di Rumah secara Aman

1. Pertimbangkan produk eksfoliasi kulit

Beberapa komposisi dalam produk eksfoliasi, bisa membuat kulit menjadi lebih sensitif. Seperti krim retinoid, produk yang mengandung retinol, atau benzoil peroksida. Pengelupasan kulit saat menggunakan produk yang mengandung bahan-bahan tersebut bisa membuat kulit kering atau bahkan menyebabkan jerawat.

2. Pilih metode eksfoliasi sesuai jenis kulit Anda

Bagi Anda dengan kulit sensitif yang mudah berjerawat dan jenis kulit kering, sebaiknya memakai waslap dan menggunakan produk eksfoliator berbahan ringan. Karena pengelupasan mekanis, misalnya menggunakan scrub bisa berpotensi mengiritasi kedua jenis kulit ini.

Untuk jenis kulit berminyak dan lebih tebal, bisa menggunakan produk eksfoliasi yang lebih kuat atau pengelupasan kulit secara mekanis dengan scrub. Namun hindari pengelupasan kimiawi atau mekanis yang terlalu kuat karena bisa menimbulkan luka atau bahkan memicu jerawat.

3. Eksfoliasi dengan lembut

Jika Anda menggunakan scrub atau eksfoliator kimia, aplikasikan produk dengan lembut, yaitu dengan gerakan melingkar kecil. Lakukan ini selama 30 detik lalu bilas dengan air hangat. Apabila menggunakan kuas atau spons, gunakan sapuan yang ringan dan pendek.

Eksfoliasi bisa dilakukan pada kulit yang tidak mengalami luka terbuka. Seperti karena jerawat atau luka karena terbakar sinar matahari.

4. Ikuti dengan pelembap

Efek paling umum setelah eksfoliasi adalah kulit menjadi kering. Maka oleskan pelembap segera setelah pengelupasan untuk menjaga kulit Anda tetap sehat dan cukup terhidrasi.

5. Pilih jadwal yang tepat

Seperti halnya menghabiskan waktu santai, eksfoliasi wajah juga perlu memilih jadwal yang tepat. Eksfoliasi hanya baik dilakukan jarang-jarang saja. Jika terlalu sering bisa menyebabkan kulit memerah dan teriritasi. Rutin melakukan eksfoliasi juga penting, tetapi berhati-hatilah dalam melakukannya dan sesuaikan dengan jenis kulit Anda.

Artikel ini telah tayang dengan judul Biar Enggak Merusak Kulit Wajah, Begini 5 Cara Aman Eksfoliasi di Rumah.

Selain tips eksfoliasi di rumah, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Aceh.