Mau Eksfoliasi Wajah biar Semakin Cantik? Pahami Dulu Beberapa Hal Penting Ini
Ilustrasi (Ivan Samkov/Pexels)

Bagikan:

ACEH – Kalau Anda ingin memiliki wajah cantik paripurna, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah eksfoliasi wajah. Rutin eksfoliasi akan membuat kulit mati di wajah hilang. Pori-pori kulit wajah pun jadi mengecil.

Eksfoliasi juga membantu menghilangkan penumpukan. Dengan begitu, kulit wajah jadi lebih mudah menyerap bahan-bahan yang digunakan untuk perawatan wajah, misalnya obat jerawat dan serum.

Namun, berikut ini adalah hal yang perlu diketahui sebelum melakukan eksfoliasi wajah, mengutip Marie Claire.

Hal-Hal Penting Sebelum Eksfoliasi Wajah

  • Kulit kering

Bagi pemilik kulit kering, pilih produk eksfoliasi yang menggunakan formula lembut seperti AHA. Agar kulit terkesan kenyal, lakukan exfoliating mask seminggu sekali. Jangan lupa gunakan lotion pelembab untuk mengembalikan lagi kelembapan kulit.

  • Kulit berminyak cenderung berjerawat

Exfoliating toner cocok digunakan pemilik wajah kulit berminyak cenderung berjerawat. Exfoliating toner mengandung hydroxy acids seperti glycolic atau salicylic untuk bantu menghilangkan kotoran dan memecah sel kulit mati yang menyumbat pori. Anda juga bisa memilih charcoal mask seminggu sekali untuk bantu menyerap minyak berlebih.

  • Kulit kombinasi

Pilih scrub eksfoliasi dengan kandungan air lebih sedikit di daerah t-zone, dan bahan eksfoliasi dengan banyak kandungan air untuk area pipi. Cukup lakukan eksfoliasi dua kali seminggu.

  • Kulit sensitif

Kulit sensitif harus menghindari jenis scrub dengan tekstur berpasir. Coba produk pembersih atau toner yang kaya enzim buah atau tanaman.

Artikel ini telah tayang dengan judul 5 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Eksfoliasi Wajah.

Selain eksfoliasi wajah, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!