Tips Mengatasi Kulit Kusam yang Redupkan Penampilan
Ilustrasi (Andrea Piacquadio/Pexels)

Bagikan:

ACEH - Ada banyak hal yang bisa menyebabkan kulit menjadi kusam, seperti faktor genetik, pola hidup yang tidak sehat, lingkungan, dan paparan sinar matahari. Jika Anda ingin mengatasi kulit kusam, ada beberapa tips yang nnisa dilakukan, dikutip VOI dari Healthline.

Kulit kusam sebenarnya bukan sesuatu yang menyakitkan, tetapi membuat penampilan menjadi kurang maksimal. Mungkin tidak secara langsung, tetapi kulit kusam bisa membuat kepercayaan diri seseorang menurun. Ini akan berpengaruh pula pada hubungan sosial seseorang. 

Tips Mengatasi Kulit Kusam yang Mengganggu

Rutin Membersihkan Wajah 

Ini menjadi salah satu cara paling dasar untuk mengatasi masalah kulit kusam. Biasakan untuk membersihkan wajah Anda secara rutin untuk menghindari penumpukan sisa kotoran yang menyebabkan kulit kusam.

Hindari Air Panas

Air panas dapat menghilangkan minyak alami wajah sehingga dapat menyebabkan kulit kering, merah, dan iritasi. Sebagai gantinya, gunakan air hangat untuk membilas wajah. Pilih juga pembersih wajah dengan kandungan bahan-bahan seperti minyak kelapa, shea butter, atau minyak almond untuk membantu mempertahankan kelembapan.

Eksfoliasi

Eksfoliasi wajah secara rutin sangat dianjurkan untuk mengatasi permasalahan kulit kusam. Eksfoliasi dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan sisa-sisa kotoran yang menempel di kulit Anda. Selain itu, eksfoliasi juga dapat membuat kulit Anda tampak lebih cerah. Anda bisa melakukan eksfoliasi ini 1--2 kali dalam seminggu.

Masker Wajah

Menggunakan masker wajah seminggu dua atau tiga kali dapat membuat kulit Anda lebih glowing. Carilah masker yang mengandung antioksidan, asam hialuronat, shea butter, atau kandungan lain yang punya fungsi melembabkan wajah. Pastikan untuk membaca petunjuk sebelum menggunakan masker wajah.

Pelembab 

Mengaplikasikan pelembab dua kali sehari dengan produk yang tepat dapat membantu menjaga kesehatan kulit Anda dan mengobati berbagai jenis dermatitis. Pelembab dapat memperbaiki dan melindungi skin barrier dari kerusakan.

Carilah produk pelembab dengan kandungan ceramide. Kandungan ceramide dapat menarik air ke dalam epidermis untuk membantu mengencangkan kulit dan mencegah hilangnya kelembaban.

Sunscreen

Meski banyak yang beranggapan bahwa pengaplikasian sunscreen justru membuat wajah kita tampak lebih kusam, faktanya sunscreen dapat melindungi kulit kita dari paparan sinar UV yang menjadi salah satu penyebab terjadinya permasalahan kulit kusam.

Usahakan untuk menggunakan sunscreen secara rutin setiap hari sebelum Anda bepergian ke luar rumah, atau bahkan saat sedang berada di dalam rumah yang memungkinkan kulit Anda terekspos sinar matahari langsung.