4 Tips Eksfoliasi Seusai Jenis Kulit untuk Wajah Cantik Bersinar
Ilustrasi Eksfoliasi Wajah (Liderina/istockphoto)

Bagikan:

ACEH - Eksfoliasi menjadi salah satu rutinitas perawatan kulit yang perlu dilakukan untuk membuat kecantikan lebih terpancar. Perawatan ini berfungsi menghilangkan kulit mati sehingga kulit tampak lebih cerah. Ada tips eksfoliasi sesuai jenis kulit agar hasilnya maksimal.

Hal tersebut penting diketahui sebab jenis kulit yang bisa menentukan seberapa sering eksfoliasi dilakukan. Selain itu, jenis kulit juga menentukan bahan apa yang cocok untuk digunakan. Disadur VOI dari HighEnd, berikut ini tips melakukan eksfoliasi sesuai jenis kulit.

Tips Eksfoliasi Sesuai Jenis Kulit 

Kulit Normal

Jika Anda memiliki kulit wajah yang normal, eksfoliasi bisa dilakukan dengan cara kimia dan cara fisik. Ini karena kadar pH kulit normal sudah seimbang sehingga produk eksfoliasi dengan kandungan asam tinggi tidak lagi diperlukan.

Kulit Sensitif

Pemilik kulit sensitif perlu menghindari penggosokan wajah terlalu kuat atau metode pengelupasan mekanis. Teknik tersebut bisa mengiritasi kulit dan menyebabkan kemerahan.

Tipsnya, carilah produk eksfoliasi yang mengandung asam laktat untuk menghindari kulit berubah jadi merah, iritasi, dan kering pasca eksfoliasi. Selain mengelupas kulit dengan lembut, asam laktat juga bisa menghidrasi kulit dengan baik.

Kulit Berminyak

Kulit berminyak lebih rentan jerawat. Oleh sebab itu, Anda butuh produk eksfoliasi berupa scrub dengan butiran kecil dan lembut. Eksfoliasi dilakukan dua hingga tiga kali seminggu untuk menghilangkan debu yang menempel pada wajah. Hati-hati menggunakan produk scrub agar tidak melukai kulit wajah.

Kulit Kering

Jika anda berpikir kulit kering tak butuh eksfoliasi, maka Anda salah besar. Pemilik kulit kering perlu melakukan eksfoliasi rutin untuk menghilangkan sel kulit mati sehingga produk skincare bisa terserap dengan baik.

Sama seperti kulit sensitif, pemilik kulit kering wajib memilih produk eksfoliasi yang lembut seperti kandungan lactic acid. Selain itu, hindari produk yang mengandung alkohol sebab hanya akan membuat kulit semakin kering.