Kurang PD dengan Ketiak Gelap? Inilah Beberapa Cara Membuat Ketiak Bersih dan Mulus
Ilustrasi penggunaan deodoran (Unsplash)

Bagikan:

ACEH -  Banyak wanita mengeluhkan ketiaknya yang gelap dan bertekstur kasar. Hal ini membuat para wanita tidak percaya diri untuk pakai baju-baju yang tak berlengan. Kecantikan pun seperti kurang termaksimalkan karena kurang percaya diri.

Kulit ketiak gelap dan kasar bisa berasal dari kelenjar keringat dan folikel rambut yang jika tidak dibersihkan dengan benar sehingga bisa menyebabkan penumpukan kulit mati, akhirnya membuat kulit jadi kasar. Anda bebarapa tips yang bisa dilakukan agar ketiak menjadi bersih dan mulus.

Cara Membuat Ketiak Bersih dan Mulus

1.    Berhati-hati ketika mencukur 

Untuk menghilangkan rambut ketiak, kebanyakan orang memilih mencukurnya. Jika Anda adalah salah satunya, pastikan cara yang Anda lakukan benar.

Anda mesti memastikan pisau cukur yang digunakan masih bagus, tajam, dan tidak berkarat. Selanjutnya, gunakanlah shaving cream agar lebih mudah. Setelah mencukur, jangan langsung menggunakan deodoran. Lebih baik gunakan pelembap atau body lotion

2.    Eksfoliasi kulit ketiak

Tidak hanya wajah dan tubuh saja yang perlu dieksfoliasi, area ketiak juga perlu. Kulit ketiak juga bisa mengalami penumpukan kotoran, baik dari keringat dan sisa deodoran.

Menghilangkan sel-sel kulit mati dengan eksfoliasi pada ketiak akan membuat kulit kembali mulus. Namun, tidak perlu menggosoknya dengan kasar. Pilih scrub dengan butiran halus dan lakukanlah seminggu sekali. 

3.    Menghilangkan ingrown hair

Ketika mencukur rambut  ketiak sendiri, biasanya sering muncul ingrown hair, yaitu rambut-rambut tebal dan lebat yang menonjol di bawah permukaan kulit. Ini bisa bikin kulit ketiak Anda jadi lebih gelap dan kasar.

Jika sering mengalaminya, lebih baik hindari mencukur sendiri rambut ketiak dan mencoba teknik lain seperti waxing atau laser untuk menghilangkan rambut ketiak.  

4.    Masker air mawar 

Untuk mencerahkan kulit ketiak di rumah, Anda bisa bikin masker sendiri. Bahannya mudah dicari dan murah meriah. Anda hanya perlu mencampurkan satu sendok baking soda dengan satu sendok air mawar sampai kental.

Kemudian oleskan ke kulit ketiak sampai rata dan diamkan lima menit lalu bilas dengan air bersih.

Artikel ini telah tayang di VOI.id dengan judul Ingin Punya Ketiak Mulus dan Cerah? Ini Rahasianya! Waktunya Merevolusi Pemberitaan!