Cara Mengatasi Kulit Kering untuk Dapatkan Wajah Cantik Berseri
Ilustrasi (Fizkes/Istockphoto)

Bagikan:

ACEH - Kulit wajah kering biasanya mudah terkelupas dan pecah-pecah. Bagi sebagian orang, kulit wajah kering bisa menjadi kendala saat akan dandan atau menggunakan makeup. Cara mengatasi kulit kering dibutuhkan agar hal-hal itu tidak mengganggu kecantikan.

Skin preparation yang baik dibutuhkan untuk menghidrasi kulit wajah sebelum penggunaan makeup. Jika wajah tidak, makeup tidak bisa menempel dengan sempurna pada wajah. Makeup jadi mudah crack dan tidak tahan lama.

Dikutip VOI dari Medical News Today, ada tips yang bisa dilakukan untuk mencegah hal tersebut terjadi. Anda tidak perlu frustrasi atau menyesali kulit Anda yang berjenis kulit kering. Lakukan langkah berikut ini dan lihatlah hasilnya. 

Tips Mengatasi Kulit Kering 

Gunakan Moisturizer

Moisturizer atau pelembab berfungsi menjaga skin barrier kulit. Sehingga, dengan pengaplikasian moisturizer secara rutin, kelembaban kulit dapat terjaga dan kulit kering pun bisa teratasi.

Penggunaan pelembab wajah di malam hari dapat memberikan manfaat ekstra. Anda dapat mengoleskan krim pelembab wajah pada malam hari sebelum tidur. Kemudian, bilas wajah keesokan harinya dengan facial wash lembut di pagi hari.

Gunakan Pembersih Wajah yang Lembut

Sabun dengan kandungan pewangi, pewarna, dan bahan kimia lainnya dapat mengiritasi dan mengeringkan kulit. Untuk menghindari kulit kering, sebaiknya pilih pembersih atau sabun wajah yang ringan dan bebas pewangi. Selain itu, hindari produk skincare yang mengandung alkohol, pewarna buatan, dan plastik.

Rutin Eksfoliasi

Kulit terus menerus memproduksi sel-sel baru dan melepaskan sel-sel lama. Ketika sel-sel kulit mati menempel di permukaan, pori-pori pun akan menutup dan membuat wajah terasa kasar. Eksfoliasi membantu menghilangkan sel-sel kulit mati, mengatasi kulit kering, dan memperbaiki tekstur kulit secara keseluruhan.

Hindari Cuci Muka dengan Air Panas

Jika Anda memiliki kulit wajah yang kering, hindari mencuci wajah atau mandi menggunakan air panas. Meskipun air panas dapat membuat tubuh menjadi rileks, namun suhu air yang terlalu panas justru dapat membuat kulit wajah kering menjadi semakin kering dan bertekstur.

Konsumsi Banyak Air Putih

Hal penting dan utama yang perlu Anda lakukan untuk mengatasi permasalahan kulit kering Anda adalah dengan merawatnya dari dalam. Mengonsumsi banyak asupan air putih dapat membuat kulit terasa lebih sehat, lembap, dan bercahaya.

Artikel ini telah tayang dengan judul Kulit Wajah Kering Bisa Ganggu Penampilan, Intip 5 Trik Mengatasinya.

Selain cara mengatasi kulit kering, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.