Selain Sosialisasi, KPK Pantau Delapan Potensi Korupsi di Lhokseumawe Aceh
Ilustrasi gedung KPK (Irfan Meidianto/VOI)

Bagikan:

ACEH - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengaku tengah melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap potensi tindak pidana korupsi di Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh.

"Ada delapan potensi korupsi yang dipantau dan dievaluasi di lingkungan pemerintah Kota Lhokseumawe," terang Ketua Satgas Pencegahan Bidang Direktorat Koordinasi dan Supervisi Wilayah I KPK RI, Arif Nurcahyo, di Lhokseumawe, Selasa, 2 November, diansir Antara.

Arif mengungkapkan hal tersebut setelah melakukan sosialisasi, pemantauan, dan evaluasi program pemberantasan korupsi terintegrasi di Balai Kota Lhokseumawe.

Delapan Potensi Korupsi yang Dipantau di Lhokseumawe

Ia menjelaskan, delapan potensi korupsi yang dia sebutkan adalah optimalisasi pajak daerah, penganggaran daerah, pelayanan satu pintu, dan aparat pengawas internal pemerintahan. Selanjutnya, manajemen aset daerah, manajemen aparatur sipil negara (ASN), tata kelola dana desa, dan pengadaan barang dan jasa.

"Untuk mencegah terjadinya korupsi, maka kami sosialisasikan kepada seluruh kepala organisasi perangkat daerah. Sosialisasi ini nantinya diteruskan kepada bawahannya, sehingga potensi korupsi dapat dihindari," kata Arif Nurcahyo.

Selain sosialisasi, kata Arif Nurcahyo, kedatangan tim KPK ke Kota Lhokseumawe juga untuk mengetahui apakah pelaksanaannya sudah sesuai dengan aturan dan ketentuan yang ada.

Arif Nurcahyo mengatakan, tindak pidana korupsi terjadi akibat dua hal, yakni niat dan kesempatan. Oleh sebab itu, KPK terus menyosialisasi dan mengedukasi agar dua hal tersebut tidak terjadi.

"Kuncinya agar tidak adanya potensi korupsi adalah transparansi dalam pengelolaan daerah. Atas dasar tersebut KPK terus memantau dan mengevaluasi untuk mengetahui pengelolaan anggaran apakah sesuai aturan ataupun tidak," kata Arif Nurcahyo.

Artikel ini telah tayang dengan judul Hati-hati! KPK Pantau Delapan Potensi Korupsi di Pemkot Lhokseumawe Aceh.

Selain potensi korupsi di Lhokseumawe, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!