Tim "Walking Football" Aceh Wakili Indonesia Berlaga di Swedia, Wali Kota Ikut Serta
Tim walking football Aceh (Antara)

Bagikan:

Tim walking football dari Aceh akan menjalani laga internasional mewakili Indonesia. Tim ini rencananya akan bertanding di Swedia pada September 2021.

Menariknya, salah satu pemain dari tim walking football Aceh adalah orang nomor satu di Banda Aceh. Ia adalah Aminullah Usman, Wali Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh.

BACA JUGA:


"Iya, Alhamdulillah saya dipanggil memperkuat tim Aceh mewakili Indonesia pada pertandingan walking football di Swedia," ungkap Usman di Banda Aceh, Kamis, 15 April.

Walking football di Swedia akan diikuti oleh Roberto Carlos

Nantinya, ia akan bermain dalam tim yang isinya adalah bintang sepak bola berusia 50 tahun ke atas. Ada sejumlah nama pesepak bola Aceh yang dahulu menjadi bintang lapangan dan memperkuat Persiraja, antara lain Tarmizi Rasyid, M. Nur, dan Dahlan Jalil.

Pemain lain yang akan ikut merumput di Swedia adalah mantan kiper PSMS Medan, Sugiar; mantan pemain Medan Jaya, Ade Zulfadli; Putra Galatama; dan Bachtiar Juli.

"Bintang-bintang pesepak bola Aceh yang pernah jaya di masanya ini akan bergabung bersama sejumlah bintang timnas untuk bertanding di Swedia," terangnya.

Usman mengatakan, berdasarkan info yang diteruma, event walking football di Swedia tersebut nantinya akan diikuti pula oleh timnas Brazil. Salah satu nama yang akan berlaga adalah bintang Piala Dunia tahun 1994, Romario. Satu lagi adalah mantan bintang Madrid, Roberto Carlos.

Walking football merupakan olahraga turunan sepak bola. Olahraga ini dibuat untuk para pemain berusia 50 tahun ke atas supaya para veteran lapangan hijau bisa kembali merasakan keseruan bermain sepak bola. Dalam permainan ini, para pemain tidak diperbolehkan menggunakan kecepatan berlari.

Di Aceh, walking footbal diperkenalkan ke publik pada Juni 2020 di Stadion H. Dimurthala Lampineung, Banda Aceh. Peluncuran dilakukan oleh Aminullah Usman bersama Presiden Internasional Walking Football Federation (IWFF) Indonesia, Muzakir Manaf serta Vice President IWFF, Rusli Bintang.

Ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!