Singkawang Jadi Kota Tertoleran se-Indonesia, Ini Pendapat Wali Kota
Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie

Bagikan:

ACEH - Beberapa waktu yang lai Kota Singkawang, Kalimantan Barat, meraih predikat Kota Tertoleran se-Indonesia tahun 2021. Hal tersebut berdasarkan indeks penilaian yang dilakukan oleh Setara Institute dengan nilai 6,483.

"Atas nama pemkot dan masyarakat Kota Singkawang, saya mengucapkan terima kasih kepada Setara Institute yang sudah mengadakan kegiatan pemberian penghargaan ini," ungkap Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie, di Singkawang, Kamis, 31 Maret dikutip VOI dari Antara.

Predikat Kota Tertoleran se-Indonesia 2021

Piagam penghargaan diberikan langsung oleh Sekjen Kementerian Dalam Negeri, Suhajar Diantoro, kepada kepada Tjhai Chui Mie di Jakarta pada Rabu lalu.

Dia menilai, keberhasilan Kota Singkawang meraih predikat kota tertoleran tidak terlepas dari kerja sama berbagai pihak, seperti Forkopimda, jajaran pemkot, steakholder, serta seluruh masyarakat Kota Singkawang dalam menjaga toleransi yang telah terbangun dengan baik di Kota tersebut.

"Ini berkat kerja keras kami sehingga bisa meningkatkan predikat dari peringkat dua menjadi pertama se-Indonesia," jelasnya.

Dari toleransi bisa tercipta kehidupan masyarakat menjadi harmonis sesuai cita-cita pendiri bangsa Indonesia. Tjhai Chui Mie mengatakan, Singkawang adalah kota yang multietnis. Kota ini memiliki 17 paguyuban dan Singkawang disebut sebagai miniatur Indonesia.

"Sesuai dengan visi misi Pemkot Singkawang, saya bersama Wakil Wali Kota Singkawang, Irwan berkomitmen untuk mewujudkan Singkawang Hebat," katanya.

Toleransi Adalah Pengamalan Pancasila

Di dalam visi misi tersebut, ada komitmen dirinya untuk mewujudkan Kota Singkawang yang harmonis antaretnis, antarsuku, dan antaragama.

"Kita harus menjaga itu, karena toleransi merupakan pengamalan Pancasila, sehingga dengan adanya toleransi maka akan tercipta persatuan dan kesatuan NKRI," jelasnya.

Jika, seluruh daerah khususnya di Indonesia bisa menjaga toleransi, dia yakin dan percaya Indonesia akan menjadi negara yang tangguh, maju dan bisa mengalahkan negara-negara yang besar.

Artikel ini telah tayang dengan judul Apa yang Dilakukan Kota Singkawang Sehingga Kembali Raih Predikat Kota Paling Toleran?

Selain Kota Tertoleran se-Indonesia tahun 2021, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.