Ridwan Kamil Siap Bertarung di Pilpres 2024, NasDem Membuka Pintu
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (DOK VIA ANTARA)

Bagikan:

ACEH – Beberapa waktu lalu Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengaku siap ikut berlaga di Pilpres 2024 jika ada partai politik (parpol) yang bersedia mengusungnya. Menyikapi hal tersebut, Partai NasDem menyatakan kesiapannya jika Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil, benar-benar berniat bergabung ke parpol demi menapaki Pilpres 2024.

"Kalau Kang Emil mau gabung ya kita dengan terbuka siap menerima Kang Emil," terang Ketua DPW NasDem Jawa Barat, Saan Mustopa, Jumat, 3 Desember, dikutip VOI.

NasDem Memiliki Hubungan yang Baik dengan Ridwan Kamil

Dia menjelaskan, NasDem dan Kang Emil memiliki hubungan yang baik. Menurutnya, NasDem merupakan salah satu partai pengusung mantan wali kota Bandung tersebut saat mencalonkan diri sebagai cagub Jabar.

"Secara hubungan memang relatif baik dengan Kang Emil. Dan Kang Emil pasti merasakan itu karena sejak pencalonan Kang Emil gubernur itu jauh-jauh hari," sambung Saan. 

"Jadi secara kedekatan, baik emosi maupun dalam kemitraan dengan NasDem sebagai gubernur sudah berjalan dengan baik," imbuh dia.

Sebelumnya, Ridwan Kamil telah mengaku siap jika ada partai yang membuka pintu untuk mengusungnya maju pada Pilpres 2024 mendatang. Kang Emil mengaku, sudah memutuskan untuk memilih parpol yang pancasilais sebagai tempat bernaung.  

"Makanya saya sudah putuskan tahun depan saya akan masuk parpol warna yang mana ataukah taplak ini atau yang warna baju satpam atau hijab merah saya belum tahu. Tapi yang pasti yang pancasilais saya akan di situ. Karena menurut saya pancasila itu harga mati, tidak boleh terlalu ke kiri tidak boleh terlalu ke kanan, politik jalan tengah yang saya pilih," paparnya.

Meski demikian, lanjut Kang Emil, pilihannya itu tergantung pada parpol yang bakal membukakan pintu dan memilihnya sebagai capres 2024. Dia pun cukup percaya diri untuk menang pada pemilu mendatang.

"Jadi kalau nanya mau nyalon saya tunggu pintunya terbuka. Karena saya tidak bisa buka kunci, yang pegang kuncinya bukan saya. Tapi kalau pintu sudah dibuka kuncinya dan dipersilakan, dua kali saya ikut Pilkada ya punya metode cara memenangkan kompetisi demokrasi. Bismillah," kata Ridwan Kamil.

Artikel ini telah tayang dengan judul Ridwan Kamil Bismillah Capres 2024, NasDem Bicara Peluang Mengusung di Pilpres.

Selain Ridwan Kamil di Pilpres 2024, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Aceh.