Info Kesehatan: 4 Bahaya Buah Delima yang Harus Kamu Ketahui
Buah delima (Unsplash)

Bagikan:

ACEH - Buah delima punya banyak manfaat. Buah ini kaya akan antioksidan serta berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan.

Meski demikian, tahukah Anda bahwa buah delima juga punya risiko bagi kesehatan? Agar tak memberikan efek yang buruk, berikut ini adalah beberapa bahaya yang bisa ditimbulkan dari buah delima.

Beberapa Bahaya Buah Delima

1.    Keracunan

Buah delima bisa menyebabkan keracunan. Hal ini tak hanya berasal dari buahnya saja, tetapi juga dari bagian akar, batang, dan cangkangnya.

Bagian-bagian tersebut mengandung zat yang beracun. Oleh sebab itu, Anda punya potensi keracunan saat mengonsumsi buah delima.

2.    Penyumbatan usus

Buah delima juga bisa menyebabkan penyumbatan usus pada penderita sembelit kronis. Biji delima yang aman dikonsumsi bisa berpotensi menyumbat saluran pencernaan.

Sebaiknya, konsumsi buah delima dalam jumlah sewajarnya saja. Jangan terlalu berlebihan karena bisa berdampak buruk.

3.    Menurunkan tekanan darah

Ini sebenarnya bagus, tetapi kalau Anda punya tekanan darah yang rendah, maka tidak direkomendasikan untuk mengonsumsi buah delima.

Buah delima juga berbahaya jika dikonsumsi bersama obat penurun tekanan darah atau saat ingin menjalani operasi.

4.    Alergi

Alergi buah delima sama halnya dengan alergi makanan lainnya. Makanya, jangan konsumsi buah delima terlalu banyak, ya.

Anda bisa merasakan berbagai gejala alergi setelah mengonsumsi buah delima, seperti gatal-gatal, bentol, terjadi pembengkakan, hidung berair, sakit perut, sesak napas, dan lainnya.

Artikel ini telah tayang di VOI.id dengan judul Dampak Buruk Jika Terlalu Banyak Konsumsi Buah Delima. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!