Info Kesehatan: Manfaat dan Bahaya Kafein bagi Tubuh
Ilustrasi kopi (unsplash)

Bagikan:

ACEH – Minum kopi atau menongkrong di kafe dianggap sebagai tren kaum milenial. Namun, tahukah Anda mengenai manfaat dan bahaya kafein—kandungan dalam kopi—bagi tubuh?

Ya, kafein memiliki dampak positif dan dampak negatif bagi tubuh. Bagi Anda yang sedang tergila-gila dengan tren perkopian, pengetahuan mengenai hal ini perlu diketahui.

Manfaat Kafein bagi Tubuh

1.    Mengurangi stres

Kafein dalam kopi mengandung stimulan yang mendorong energi. Saat dikonsumsi, kafein akan memacu kerja jantung sehingga Anda lebih awas dan bersemangat. Selain itu, Anda juga akan merasa lebih rileks sehingga mengurangi rasa stres dan cemas.

2.    Melindungi diri dari penyakit

Ada efek kesehatan yang didapatkan dari kafaein. Selain mengurangi stres, kafein juga dapat membantu mencegah penyakit neurologis tertentu, seperti parkinson, alzheimer, huntington, multiple sclerosis, epilepsi, batu empedu, dan peradangan.

3.    Membangun energi

Kafein juga dapat meningkatkan energi dan suasana hati. Efek yang dirasa pun cukup lama, yaitu hingga 6 jam setelah diminum. Jangan heran jika Anda merasa lebih aktif dan gembira setelah minum kopi.

Bahaya Kafein bagi Tubuh

1.    Insomnia

Beberapa orang minum kopi karena memang butuh terjaga, tetapi jika berlebihan bisa membuat insomnia. Hal ini karena kafein dalam kopi bekerja menghambat kerja adenosine receptor, senyawa yang membuat tubuh merasa kantuk.

Untuk itu, sebaiknya hindari minum kopi dalam jumlah banyak atau tidak mengonsumsinya beberapa jam sebelum waktu tidur.

2.    Penyebab sakit kepala

Asupan kafein berlebih dapat menyebabkan sakit kepala berulang. Jika dihentikan sekaligus, bisa jadi memperparah sakit yang dirasa. Untuk lepas dari candu, lebih baik Anda mencoba untuk menguranginya sedikit demi sedikit.

Artikel ini telah tayang di VOI.id dengan judul Menilik Baik dan Buruk Kafein bagi Tubuh. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!