Info Kesehatan: Daftar Buah Antioksidan Tinggi Berwarna Ungu
Ilustrasi buah berwarna ungu (Unsplash)

Bagikan:

ACEH – Salah satu cara untuk menjaga kesehatan adalah dengan rutin mengonsumsi buah, termasuk yang berwarna ungu. Sejumlah buah antioksidan tinggi memiliki warna ungu.

Selain itu, nutrisi yang dikandungnya juga banyak dan cukup lengkap. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan banyak manfaat dari buah berwarna ungu.

Daftar Buah Aktioksidan Tinggi Berwarna Ungu

1.    Blackberry

Buah ini termasuk jenis buah yang dikenal banyak orang. Selain dimakan langsung, buah ini kerap dijadikan jus atau selai.

Warna ungu dari buah blackberry berasal dari pigmen antosianin, biasanya juga terkandung dalam buah-buahan berwarna biru dan merah.

Antioksidan dalam blackberry punya manfaat untuk menjaga sel dari kerusakan, menekan inflamasi, dan melancarkan sistem pencernaan karena kaya akan serat serta mikronutrien yang lain.

2.    Delima

Buah ini tidak berdaging, tetapi mengandung banyak air. Seperti buah-buah lain yang berwarna ungu, delima mengandung piceatannol, sejenis antioksidan untuk mencegah penuaan dan manfaat lain bagi kesehatan.

Dalam sebuah penelitian dilansir Healthline, piceatannol dalam buah delima mampu melindungi kulit agar tetap lembab.

Dilakukan studi terhadap 32 perempuan dengan kondisi kulit kering. Selama 8 minggu memakai krim yang mengadung piceatannol, kelembapan kulit meningkat.

Studi lainnya menemukan bahwa buah delima membantu menguatkan tulang, mencegah osteoporosis, dan mengurangi kerusakan arteri. Penumpukan kolesterol juga bisa diatasi dengan zat-zat bermanfaat dalam buah delima.

3.    Buah bit

Bit sebenarnya sejenis tanaman umbi-umbian, tetapi dikenal dengan buah bit atau beetroot. Warna buah ini pekat ungu kemerahan mengandung betalain. Betalain seperti antosianin bersifat antioksidan dan antiinflamasi.

Selain itu, ada kandungan baik lain dalam buah bit, seperti zat besi, mangan, nitrat, dan kalium. Kandungan tersebut paling banyak tersimpan pada bagian kulit dan daging.

4.    Manggis

Kulit buah manggis berwarna ungu tua, dan harus dibuang karena rasa getahnya pahit. sementara, daging buahnya berwarna putih dengan tekstur yang lembut.

Dalam satu buah manggis terdapat serat, folat, vitamin B, dan zat penting lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh, termasuk yang membantu memproduksi sel darah merah.

Antioksidan dalam manggis disebut xanthones dan telah dibuktikan memiliki manfaat antiinflamasi, pelindung saraf, dan antikanker.

5.    Buah naga merah

Buah ini punya dua jenis dalam hal warna, yaitu buah naga putih dan merah keunguan. Secara rasa, kedua buah tersebut tidak ada bedanya, tetapi yang berbeda adalah kandungannya.

Rasanya manis namun rendah kalori. Kandungan serat, vitamin C dan magnesium bisa ditambahkan dalam seporsi salad buah.

Antioksidan pada buah naga juga sangat tinggi. Penelitian tabung reaksi yang telah dilakukan sebelumnya membuktikan bahwa ekstrak buah naga merah memiliki kemampuan untuk menghentikan pertumbuhan sel kanker.

Artikel ini telah tayang di VOI.id dengan judul 5 Ragam Buah Berwarna Ungu yang Mengandung Antioksidan, Apa Manfaatnya? Waktunya Merevolusi Pemberitaan!