Barang yang Sering Dipakai Sehari-hari Ini Bisa Jadi Sarang Kuman, Jangan Lupa Membersihkannya Sebelum Menggunakan!
Ilustrasi smartphone (unsplash)

Bagikan:

ACEH – Tanpa alat bantu, mata telanjang manusia tak bisa melihat kuman, bakteri, dan virus. Padahal, benda-benda di sekitar kita bisa jadi sarang kuman. Jika dibiarkan sesekali mungkin memang tidak berbahaya, tetapi perlu hati-hati dengan bakteri dan virus yang bisa mengganggu kesehatan.

Ada banyak benda di sekitar kita, yang biasa digunakan sehari-hari, punya potensi menjadi sarang kuman. Oleh sebab itu, kita perlu sering membersihkannya (jika milik kita sendiri) atau membersihkannya ketika akan kita gunakan (benda umum).

Barang yang Sering Dipakai Sehari-hari yang Berpotensi Jadi Sarang Kuman

1.    Gawai

Gawai, terutama smartphone, hampir tak pernah lepas dari tangan, tetapi sering terlupakan untuk dibersihkan. Benda ini menjadi barang yang sangat butuh pembersihan karena tangan kita juga menyentuh banyak barang sebelum dan sesudan memegang smartphone.

Jadi, bersihkan smartphone setiap hari menggunakan tisu antiseptik atau tisu yang disemprot alkohol sanitizer.

2.    Keyboard komputer dan laptop

Orang yang bekerja setiap hari dengan komputer—keyboard dan mouse—perlu membersihkannya sebelum menggunakannya. Alat ini tergolong sangat kotor sebab tangan dapat memindahkan kuman dan bakteri selama memakainya.

3.    Gagang troli supermarket

Belanja banyak di supermarket perlu mengenakan troli. Tips sebelum menggunakannya, jangan lupa semprotkan cairan antibakteri ke gagang troli dan tangan Anda. Dilansir Cosmopolitan, gagang troli supermarket bisa menyimpan sekitar 11 juta bakteri.

Artinya, selalu bawa botol handy berisi cairan antiseptik untuk menyemprot tas belanjaan dan gagang termasuk top seat troli jika perlu menaruh belanjaan di bagian tersebut.

4.    Mesin ATM

Virus penyebab flu bisa menempel sampai 17 hari pada uang kertas. Belum lagi, sekitar 3.000 macam bakteri bisa menempel di tombol mesin ATM.

Lantas bagaimana agar tidak berpindah ke tangan dan meminimalisir penularan? Semprot tombol angka dengan hand sanitizer atau bersihkan tangan Anda setelah keluar dari gerai ATM.

5.    Gagang dan mulut keran air

Ini berlaku untuk di rumah ataupun di tempat umum. Anda perlu membersihkan bagian mulut keran, gagang, atau tuas on/off, dan gagangan pintu toilet kare atelah disentuh oleh banyak tangan dan berpotensi menjadi sarang kuman. 

Artikel ini telah tayang di VOI.id dengan judul Perlu Sering Dibersihkan, Ternyata 10 Benda Ini Paling Banyak Kuman. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!

Terkait