Mencegah Infeksi Pernapasan dengan Rajin Mencuci Hidung dan Berkumur
Ilustrasi (Foto: Antara)

Bagikan:

ACEH - Dokter Mery Sulastri, praktisi dan edukator kesehatan, memberikan informasi untuk mencegah infeksi pernapasan, termasuk dari COVID-19. Hal yang ia sarankan adalah menjaga kebersihan hidung dan mulut dengan mencuci hidung dan berkumur.

“Jaga kebersihan hidung dan mulut dengan cuci hidung dan berkumur atau gargle. Berkumur sudah terbukti efektif menjaga kebersihan mulut juga mengurangi risiko terjadinya infeksi saluran pernapasan bagian atas,” jelas Mery dalam sebuah webinar kesehatan, dilansir Antara.

Hidung dan mulut merupakan pintu masuk bagi virus SARS-CoV-2. Untuk mulut, selain berkumur, Mery menyarankan melakukan gargle. Gargle adalah berkumur sampai ke tenggorok, sedangkan berkumur dilakukan pada bagian rongga mulut.

“Caranya (gargle), menengadah 45 derajat kemudian buang napas melalui mulut sampai berbunyi seperti kobokan air, lalu kita buang (air kumuran). Sekitar 15-30 detik. Ini yang harus kita biasakan dari sekarang,” tutur dia.

Berbagai Hal untuk Mencegah Infeksi Pernapasan

Menjaga kebersihan diri juga sebaiknya tak Anda abaikan terutama di masa pandemi saat ini, mulai dari mandi, keramas, mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun antibakterial atau antiseptik karena yang Anda hadapi kuman penyebab penyakit.

Jangan lupa juga untuk membersihkan barang-barang yang Anda bawa dari luar rumah dan menerapkan etika batuk selama di rumah misalnya dengan sikut lalu cuci tangan setelahnya.

Saat keluar rumah, kenakanlah masker dengan benar yakni menutupi hidung dan mulut sampai ke dagu dan melapisi masker medis dengan masker kain (masker ganda) demi melindungi pintu masuk Anda dari masuknya kuman atau virus.

Terkait pelindung wajah atau face shield, menurut Mery, sebagian orang mungkin membutuhkannya terutama yang tangannya tak bisa menahan diri dari memegang mata dan hidung.

“Jangan lupa cadangan masker, dompet khusus untuk menaruh masker, bawa juga hand sanitizer kalau tidak ada fasilitas cuci tangan. Pastikan kalau tidak ada sabun bawa sabun antiseptik sendiri. Bawa semprot hidung, tisu basah, tisu kering,” demikian pesan Mery.

Artikel ini telah tayang dengan judul Pentingnya Rutin Cuci Hidung dan Berkumur untuk Cegah Infeksi Pernapasan.

Selain mencegah infeksi pernapasan, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!