Inilah Takaran Skincare untuk Kulit Sehat agar Tidak Merusak Kulit
Ilustrasi (Karolina Grabowska/Pexels)

Bagikan:

ACEH - Penggunaan produk skincare secara berlebih tidak memberikan hasil optimal dalam waktu singkat, tetapi malah bisa dapat mengakibatkan berbagai permasalahan kulit. Takaran skincare untuk kulit sehat perlu diperhatikan agar kesehatan kulit tidak terganggu. 

Hal serupa berlaku pada dosis sebaliknya, penggunaan dalam jumlah yang terlalu sedikit juga akan membuat efektivitas produk tidak optimal. Oleh sebab itu, Anda perlu tahu aturan serta takaran yang tepat dalam setiap pemakaian produk skincare sehari-hari. Dikutip VOI dari Byrdie, berikut jawabannya.

Takaran Skincare untuk Kulit Sehat 

Sabun wajah

Wajah merupakan area yang kecil sehingga Anda hanya membutuhkan satu tetes sabun untuk membersihkan wajah. Selain itu, saat dicampur bersama air, sabun wajah akan menghasilkan busa sehingga lebih banyak digunakan untuk membersihkan area sekitar wajah.

Sedangkan untuk produk cleansing balm, disarankan untuk menggunakannya sebesar buah anggur. Untuk produk seperti cleansing milk atau cleansing oil, Anda bisa menggunakan dua hingga tiga tetes atau sekitar satu sendok teh.

Toner dan essence

Banyak orang menggunakan kapas untuk mengaplikasikan toner, micellar water, hingga essence di wajah. Sayangnya, banyak produk bisa tertinggal di kapas. Untuk itu, cara tepat menggunakan produk skincare berbasis air yaitu dengan menuangkannya di tangan. Tuang tiga hingga empat tetes produk ke tangan kemudian aplikasikan ke wajah dengan cara ditepuk-tepuk halus. Jika Anda memiliki kulit kering, tak perlu berlebihan dalam menuangkan toner sebab justru dapat membuat kulit semakin kering.

Serum

Anda bisa menggunakan serum dengan dua cara. Pertama dituang di atas tangan untuk kemudian diaplikasikan ke wajah. Jika Anda memilih metode ini, maka Anda perlu setidaknya lima tetes serum. Cara kedua yaitu dengan meneteskan langsung serum ke wajah, tepatnya di titik-titik yang bermasalah.

Krim mata

Area mata kecil, tetapi mengoleskan krim mata dengan benar dapat memberikan hasil anti-penuaan yang luar biasa. Setetes kecil krim sudah cukup menutupi kedua mata. Krim mata tidak hanya dimaksudkan untuk di bawah mata tetapi juga di atas dan di sekitar mata.

Gunakan jari manis Anda untuk memberikan lebih sedikit tekanan ke area mata yang halus daripada jari telunjuk Anda. Teknik ini dapat membantu mengurangi tarikan atau kerutan pada kulit yang dapat menyebabkan garis-garis halus dan kerutan.

Sunscreen

Memakai sunscreen sangat penting karena dapat membantu melindungi kulit dari sinar UV. Anda tidak bisa hanya mengandalkan pelembab yang mengandung SPF. Aturan jumlah pemakaian sunscreen pada kulit wajah dan tubuh sangatlah berbeda. Takaran penggunaan yang Anda aplikasikan pada wajah dan leher adalah sebanyak satu sendok makan. 

Namun jika Anda memiliki besar wajah yang lebih kecil, Anda cukup mengaplikasikan sunscreen sebanyak satu sendok teh saja. Selain itu, jangan lupa re-apply sunscreen Anda setiap 3-4 jam sekali.