Aturan Takaran Pemakaian Skincare Menurut Dermatologis
Ilustrasi takaran memakai skincare (iStockphoto)

Bagikan:

ACEH - Seberapa banyak Anda biasanya menggunakan facial wash dalam sekali pakai? Anda perlu tahu mengenai takaran pemakaian skincare karena kalau terlalu banyak, efeknya bukan hanya boros, tetapi juga mempengaruhi kesehatan kulit.

Skincare dalam bentu apa pun, misalnya pembersih wajah, toner, pelembap, tabir surya, serum, krim mata, dan masker, perlu digunakan dengan aturan dan takaran yang tepat. Menurut para dermatologis, Corey L. Hartman, Michele Green, dan Hadley King, berikut ini adalah beberapa takaran untuk skincare harian.

Takaran Pemakaian Skincare yang Tepat

1. Facial wash

Kulit di area wajah jauh lebih kecil dibandingkan kulit bagian tubuh lain. Oleh sebab itu, Anda tak perlu memakai facial wash atau sabun muka dengan takaran yang banyak. Dikutip VOI dari Byrdie, Hartman mengatakan bahwa memakai pembersih terlalu banyak tidak akan membuat kemampuan produk pembersih semakin manjur.

Anda cukup memakai sabun pembersih muka satu pompa, jika ukurannya aplikatornya berbentuk pompa. Jika tidak, Anda bisa memakai secukupnya saja. Saat dicampur dengan air, facial wash biasanya berbusa, ini bisa diaplikasikan pada dahi hingga dagu turun ke leher.

2. Toner

Toner biasanya bertekstur cair. Banyak produk yang menganjurkan memakai kapas untuk mengaplikasikannya pada wajah. Hartman merekomendasikan langsung menuangkan pada tangan untuk ditepuk-tepuk lembut ke seluruh wajah. Saat melakukannya, hindari area mata, lubang hidung, dan sekitar mulut yang rentan teriritasi.

3. Serum

Untuk memakai serum, Anda tak perlu mengabiskan banyak yang diaplikasikan pada seluruh muka dan leher. Cukup dengan memakai beberapa tetes saja. Saran Hartman, beri beberapa tetes di dahi, setetes di hidung dan dagu, dan dua hingga tiga tetes pada pipi. Kemudian ratakan  dengan menepuk-nepuk serum secara lembut pada kulit sampai benar-benar terserap.

4. Krim mata

Area mata hanya kecil saja, artinya mengoleskan krim mata dengan benar dapat memberikan hasil anti-penuaan bekerja secara optimal. Menurut Hartman, krim seukuran kacang polong sudah cukup untuk diaplikasikan pada kedua mata. Sarannya lagi, gunakan jari manis Anda yang memberikan lebih sedikit tekanan dibanding jemari lain.

5. Pelembap

Sebanyak dua milligram pelembap bisa diaplikasikan pada setiap sentimeter persegi kulit wajah Anda. Untuk kulit normal hingga kombinasi, pelembap seukuran koin kecil saja untuk diaplikasikan pada wajah setiap kali memakainya. Jika kulit terlalu kering, sedikit lebih banyak dari ukuran koin kecil. Pastikan juga mengaplikasikannya secara merata ke seluruh wajah hingga leher.

6. Tabir surya

Memakai tabir surya penting karena membantu melindungi kulit dari paparan sinar UV. Pedoman yang ianjurkan King, aplikasikan seukuran koin untuk seluruh wajah. Perkiraannya, setiap satu sentimeter persegi membutuhkan dua milligram tabir surya dengan kandungan SPF.

7. Masker

Masker membutuhkan takaran yang lebih banyak ketimbang produk-produk skincare sebelumnya. Dalam pemakaian masker, tak ada jumlah yang ditetapkan karena biasanya setiap produk punya takaran bervariasi. Tetapi, Green merekomendasikan untuk menerapkan sesuai petunjuk baik takarannya maupun frekuensi pemakaian.

Artikel ini telah tayang dengan judul Pakai Skincare Rutin Ada Takarannya lho! Biar Enggak Kebanyakan, Ini Anjuran Dermatologis.

Selain takaran pemakaian skincare, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.