Manfaat Daun Kelor untuk Lever dan Alasannya Berdasarkan Penelitian
Ilustrasi daun kelor untuk kesehatan liver (Unsplash/Adrian Dale)

Bagikan:

ACEH - Tumbuhan kelor (Moringa oleifera) dipercaya memiliki khasiat yang tidak main-main. Namun, sudahkah ada bukti medis dan uji coba klinis soal daun ini? Sebuah studi menyatakan bahwa ada manfaat kesehatan daun kelor untuk lever atau hati.

Studi ilmiah menemukan beberapa fakta yang menjadi penyebab daun kelor bisa memberikan manfaat untuk hati dan kesehatan secara menyeluruh. Berikut adalah rincian dan penjelasannya.

Beberapa Alasan Manfaat Daun Kelor untuk Lever

Kaya antioksidan

Daun kelor mengandung sejumlah nutrisi dan vitamin, seperti protein (2 gram), vitamin B6 (19 persen dari RDA), vitamin C (12 persen dari RDA), zat besi (11 persen dari RDA), riboflavin atau vitamin B2 (11 persen dari RDA), vitamin A (9 persen dari RDA), dan magnesium (8 persen dari RDA).

Stres oksidatif disebabkan oleh radikal bebas tingkat tinggi. Ini berhubungan dengan penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Gangguan kesehatan tersebut bisa dicegah dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan, salah satunya daun kelor. Dalam sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2015 diterbitkan dalam Worl Journal of Gastrointestinal Pharmacology and Therapeutics bertajuk Antioxidants In Liver Health, dijelaskan bahwa antioksidan bermanfaat menjaga kesehatan lever.

Lever atau hati merupakan organ yang bertugas melakukan detoksifikasi utama tubuh dan mempertahankan suhu tubuh. Antioksidan penting dalam mengoptimalkan peran lever, yaitu menjaga keseimbangan oksidatif/antioksidatif. Jika ini terganggu atau mengalami stres oksidatif, menyebabkan penyakit hati dan kerusakan pada lever.

Bersifat anti-inflamasi

Pada studi yang lebih lama, dilakukan tahun 2002 yang dipublikasikan dalam National Library of Medicine, membuktikan bahwa daun kelor merupakan agen anti-inflamasi. Inflamasi secara esensial adalah akar dari penyakit kronis, termasuk penyakit lever.

Hati bertanggung jawab untuk metabolisme glukosa dan produksi empedu. Keduanya bertugas menjaga sistem pencernaan berjalan dengan baik. Ketika sehari-hari banyak konsumsi gula dan lemak tidak sehat, bisa mengganggu kesehatan hati. Daun kelor, bisa membantu mengurangi peradangan baik di lever atau organ lain sehingga lebih efisien menjalankan tugasnya.

Berpotensi menyeimbangkan enzim lever

Daun kelor membantu memulihkan enzim lever, ini dibuktikan dalam penelitian pada tahun 2010 oleh Alaaedin Al Hamza dari Departement of Biology, UAE University. Lever bertanggung jawab untuk detoksifikasi darah, produksi empedu, metabolisme lemak, dan pemrosesan nutrisi secara keseluruhan. Semua hanya akan berjalan optimal ketika enzim lever seimbang diproduksi.

Itulah ketiga penelitian yang berkaitan dengan daun kelor dan manfaatnya dalam menjaga kesehatan hati atau lever. Sebagai langkah antisipasi penyakit lever, Anda bisa mengkonsumsinya dalam bentuk daun yang diolah maupun serbuk daun dalam kapsul. Tetapi, apabila memiliki kondisi tertentu atau faktor lain yang mempengaruhi kesehatan Anda, konsultasikan kepada dokter penyakit dalam atau ahli medis lainnya.

Artikel ini telah tayang dengan judul Menurut Penelitian, Ini Alasan Kenapa Daun Kelor Bisa Bantu Menyehatkan Liver.

Selain daun kelor untuk lever, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.