5 Manfaat Kembang Sepatu untuk Kesehatan Tubuh
Ilustrasi (Olya Kobruse/Pexels)

Bagikan:

ACEH - Bunga sepatu atau kembang sepatu sering menjadi pilihan untuk menghias pekarangan rumah karena punya bentuk dan warna yang indah. Tak hanya cantik, ternyata ada manfaat kembang sepatu untuk kesehatan yang belum banyak orang ketahui, salah satunya untuk meningkatkan sistem imun dan melancarkan pencernaan.

Cara yang umum dilakukan untuk mendapatkan manfaat kesehatan kembang sepatu adalah dengan mengeringkannya dan menjadikannya minuman semacam teh. Dikutip VOI dari Health Cleveland Clinic, berikut ini adalah berbagai manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari kembang sepatu.

Berbagai Manfaat Kembang Sepatu untuk Kesehatan

Sumber Antioksidan

Bunga sepatu atau kembang sepatu punya kandungan yang berperan sebagai penangkal radikal bebas di dalam tubuh, seperti antioksidan yang tinggi, beta-karoten, vitamin C dan antosianin. Antioksidan menghancurkan molekul berbahaya yang dikenal sebagai radikal bebas di dalam tubuh.

Radikal bebas menyebabkan kerusakan sel yang berkontribusi terhadap penyakit, seperti kanker, penyakit jantung, dan diabetes. Tubuh Anda menggunakan antioksidan untuk melawan kerusakan akibat radikal bebas. Makanan kaya antioksidan juga bisa berperan dalam mencegah penyakit.

Melawan Peradangan

Efek anti-inflamasi yang terdapat di dalam bunga sepatu mampu membantu mengatasi berbagai macam penyakit serius seperti kanker, asma, penyakit jantung, alzheimer, dan rheumatoid arthritis.

Menjaga kesehatan hati

Berdasarkan penelitian, kembang sepatu dapat membantu menjaga kesehatan hati atau lever. Ekstrak bunga ini mampu melindungi hati dari berbagai racun karena mengandung antioksidan yang kuat. Selain menjaga dari kerusakan hati, kembang sepatu pun diyakini dapat melindungi tubuh dari penyakit kanker hati.

Menurunkan Kolesterol

Studi klinis menunjukkan jika teh bunga sepatu dipercaya mampu membantu menurunkan kadar kolesterol. Meski begitu, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk melihat efektivitasnya.

Menurunkan tekanan darah

Tekanan darah tinggi menyebabkan masalah kesehatan serius seperti serangan jantung,  stroke, gagal jantung, dan penyakit ginjal. Dalam uji klinis, minum teh kembang sepatu telah terbukti dapat menurunkan tekanan darah.

Artikel ini telah tayang dengan judul Selain Cantik Rupanya, Kenali 5 Manfaat Bunga Kembang Sepatu untuk Kebugaran Tubuh.

Selain manfaat kembang sepatu untuk kesehatan, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.