Mengenal Berbagai Makanan Khas NTB yang Jarang Diketahui
Ilustrasi makanan khas NTB yang jarang diketahui dn wjib dicoba (Sumber: majelisadatsasak.org)

Bagikan:

ACEH - Ayam taliwang tentu bukan nama yang asing bagi pecinta kuliner nusantara. Ini merupakan makanan khas Nusa tenggara Barat (NTB). Namun, tahukah Anda soal makanan khas NTB yang lain?

Karakteristik makanan NTB, banyak makanan yang memiliki rasa pedas. Beberapa jenis masakan terasa segar dan penuh bumbu rempah. Jika Anda penasaran dengan makanan khas NTB yang lain, berikut VOI sajikan beberapa menu yang jarang diketahui. 

Berbagai Makanan Khas NTB yang Jarang Diketahui

1. Nasi Balap Puyung

Nasi balap puyung tidak berwarna kuning, tetapi putih. Makanan ini disajikan hangat. Salah satu keunikan dari makanan ini adalah cara pencajian. Nasi balap puyung berbentuk kerucut dan di atasnya diberi lauk-pauk yang tidak sedikit. Lauknya berupa sambal daging, keripik kentang, dan kedelai goreng.

Tekstur lauknya beragam dan kaya akan rasa. Makanan ini juga menggunakan bumbu khas suku Sasak.

2. Kelaq Kelor

Daun kelor dipercaya punya berbagai khasiat untuk kesehatan. Di NTB, daun kelor sering diolah menjadi kelaq. Kelaq merupakan olahan masakan berkuah, sedangkan kelaq kelor merupakan sayur bening berbahan utama daun kelor. Tampilan sayur ini cukup sederhana, berwarna hijau segar bertabur bawang serta ebi udang.

3. Kelaq Lebui

Kedelai hitam merupakan hasil pertanian masyarakat sekitar. Kedelai ini juga mengandung protein nabati. Umumnya, kedelai berwarna gelap ini diolah menjadi makanan khas NTB yaitu kelaq lebui. Seperti kelaq kelor, kelaq lebui juga masakan berkuah. Selain rasa pedas, karakteristik makanan NTB ialah tegas dengan rasa asam, termasuk kelaq lebui yang merupakan sayur kedelai hitam bermandikan kuah bumbu asam.

4. Kelaq Sebei

Masih dengan makanan khas yang berkuah, kelaq sebei berbahan ikan tongkol yang diperkaya dengan kacang panjang dan terong. Mirip dengan sayur lodeh, salah satu kuliner nusantara ini juga memiliki rasa pedas, asam, dan gurih.

5. Kelaq Batih

Bedanya dengan kelaq sebelumnya, kelaq batih berbahan daun singkong muda dan biji buncis yang sudah tua. Lebih unik lagi, makanan segar ini berbumbu ragi beleq. Ragi beleq merupakan campuran dari ketumbar, lengkuas, jahe, bawang merah, bawang putih, cengkeh, terasi, garam, dan merica. Bisa dibilang dengan komposisi komplit yang bisa dibeli bumbunya di toko oleh-oleh khas NTB.

6. Poteng Jaje Tujak

Mengutip laman Dinas Pariwisata Provinsi NTB, poteng jaje tujak adalah makanan sejenis tape yang bercitarasa manis. Biasanya, camilan ini disajikan saat lebaran. Nama diambil dari bahasa Sasak, jaje yang berarti ‘jajan’ dan tujak artinya ‘ditumbuk’. Sedangkan poteng ialah sebutan untuk makanan sejenis tape.

7. Bubur Palopo

Dalam bahasa Sumbawa, bubur palopo merupakan olahan makanan manis berkuah susu kerbau. Susu kerbau menggantikan santan kelapa, sehingga gurihnya lebih terasa. Bahan utama dari bubur ini ialah gula merah dan air rebusan terong kuning.

8. Beberuk Terong

Apakah Anda penyuka makanan pedas, segar, asam berpadu menjadi satu? Artinya wajib icip beberuk terong yang pas menjadi hidangan pendamping ayam taliwang. Rasa segar dan asamnya dari tomat yang ditumbuh kasar. Bahan sayurnya dari terong gelatik yang dipotong kotak-kotak dan kacang panjang dicacah.

9. Rarit

Makanan khas NTB yang jarang diketahui ini, berbahan daging sapi. Setelah diolah dan dibumbui dengan rempah, daging sedikit dikeringkan. Setelah itu dicincang dan disajikan. Kuliner yang mirip dengan empal ini, dikenal sebagai makanan khas Sumbawa.

Artikel ini telah tayang dengan judul 9 Makanan Khas NTB yang Jarang Diketahui dan Wajib Dicoba.

Selain makanan khas NTB, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.