Mengenal 5 Penyebab Infeksi Lever dan Gejala yang Muncul
Ilustrasi kenali penyebab dan gejala infeksi liver (iStock)

Bagikan:

ACEH – Infeksi lever atau yang sering dikenal dengan liver merupakan salah satu penyakit yang bisa membahayakan nyawa manusia. Penanganan yang tepat dan segera dibutuhkan agar tak menyebabkan efek yang lebih buruk. Penyebab lever dan gejalanya tentu harus diketahui untuk bisa segera melakukan tindakan yang tepat.

Berikut ini adalah beberapa penyebab dan gejalan yang bisa terjadi pada penderita infeksi lever atau hati. Ada beberapa masalah yang biasanya dialami oleh orang dengan penyakit lever. Penyebab dari penyakit ini juga beragam. Dikutip VOI dari NHS, ada 5 faktor yang menyebabkan masalah pada lever.

Penyebab Infeksi Lever atau Penyakit pada Hati

  1. Minum minuman beralkohol

Lever memiliki peran penting dalam mengatur sebagian besar kadar kimia dalam darah dan memerangi zat asing dengan empedu. Konsumsi minuman beralkohol terlalu sering dan dalam jumlah yang tidak terkontrol bisa menyebabkan masalah pada lever.

  1. Hati diselimuti lemak

Kelebihan berat badan merupakan penyebab berbagai masalah kesehatan, salah satunya adalah penyakit pada lever. Penumpukan lemak bisa memicu penurunan kerja lever.

  1. Hepatitis

Secara umum, infeksi pada lever disebabkan oleh virus. Berdasarkan kategorinya, hepatitis terbagi menjadi tiga, yaitu hepatitis A, hepatitis B, dan hepatitis C.

Pada Hepatitis A, disebabkan makanan yang dikonsumsi kurang steril sehingga tercemar oleh kotoran. Biasanya Hepatitis A, dilansir WebMD, akan sembuh dengan sindirinya dalam waktu 6 bulan atau tidak mengakibatkan bahaya jangka panjang.

Hepatitis B, didapatkan karena penularan dari orang lain. Seperti melalui hubungan seks tanpa kondom atau menggunakan obat-obatan dengan jarum suntik bersama. Jika berlangsung lebih dari 6 bulan, membuat seseorang dengan Hepatitis B terkena kanker hati dan penyakit lainnya. Sedangkan Hepatitis C berasal dari darah yang terinfeksi yang masuk ke dalam darah orang yang mengalaminya.

  1. Hemokromatosis

Penyakit pada lever juga bisa disebabkan oleh factor internal. Kondisi genetik merupakan salah satu faktor timbulnya penyakit lever. Seperti yang secara medis disebut dengan hemokromatosis, ini disebabkan oleh faktor genetik yang diturunkan dalam garis keluarga dari orang tua ke anak-anaknya.

  1. Primary biliary cirrhosis

Seseorang yang mengalami primary biliary cirrhosis (PBC), sistem kekebalan tubuhnya secara keliru menyerang saluran empedu. Di mana cairan empedu berfungsi membantu mencerna lemak dan membuang produk limbah dari tubuh. Cairan empedu keluar dari hati melalui tabung kecil yang disebut saluran empedu.

Penyebab infeksi lever karena PBC tidak jelas penyebabnya, tetapi diperkirakan karena kombinasi yang keliru dalam cara kerja sistem kekebalan tubuh.

Disamping mengetahui faktor yang jadi penyebab masalah pada lever, berikut kenali gejalanya secara umum yang dialami.

Gejala Penyakit Lever

Penyakit lever didiagnosis oleh dokter dengan melakukan sejumlah tes. Dalam tes tersebut, termasuk tes biopsi hati, tes fungsi hati, ultrasound, pemindaian computed tomography (CT), dan MRI. Gejala umum dari penyakit hati, dilansir John Hopkins Medicine, antara lain sebagai berikut.

  • Kulit dan mata berwarna lebih menguning, sehingga kerap disebut dengan penyakit kuning.
  • Urin berwarna gelap.
  • Terasa gatal-gatal.
  • Badan panas dingin.
  • Kulit sensitif, mudah terluka dan berdarah.
  • Penumpukan cairan di rongga perut.
  • Perkembangan varises di esophagus.
  • Muntah darah tanpa rasa sakit.
  • Feses hitam, lembek, atau berdarah.
  • Jarang buang air kecil.
  • Rasa haus berlebihan.

Mengidentifikasi gejala memang perlu, namun untuk memastikan gejala dan mendapatkan penanganan paling tepat disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter.

Artikel ini telah tayang dengan judul Seperti yang Diidap Ameer Azzikra, Kenali Penyebab dan Gejala Infeksi Lever.

Selain penyebab dan gejala infeksi lever, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Aceh!