5 Bahan Makanan Jelang Ramadan yang Bisa Anda Siapkan
Ilustrasi bahan makanan untuk stok puasa Ramadan (Pexels/Pixabay)

Bagikan:

ACEH - Bulan Ramadan segera tiba. Anda bisa mencicil belanja bahan makanan jelang Ramadan mulai sekarang agar tidak repot nantinya. Bukan untuk menimbun, melainkan menyiapkan bahan pokok sesuai kebutuhan.

Dengan cara tersebut, Anda juga bisa lebih berhemat karena ada kemungkinan sejumlah komoditas pangan mengalami kenaikan harga nantinya. Berikut VOI paparkan beberapa bahan makanan yang bisa Anda siapkan saat ini. Sekali lagi, bukan untuk menimbun dan belanja secara berlebihan.

Bahan Makanan Jelang Ramadan yang Perlu Disiapkan

1. Beras

Ada beberapa jenis beras yang umumnya dikonsumsi, seperti beras putih, beras merah, dan beras cokelat. Anda bisa mulai beras sesuai kebutuhan dan pola makan. Jika Anda sedang menjalani diet atau mengantisipasi indeks glikemik dari beras, beras merah dan beras cokelat bisa jadi alternatif.

2. Bumbu dapur

Untuk mencicil, sebaiknya Anda membeli bumbu dapur yang awet atau tahan lama, seperti ketumbar, kemiri, pala, cengkeh, kunyit, kayu manis, jahe, dan laos. Bumbu lain yang mudah busuk sebaiknya tidak disimpan terlalu lama.

Garam dan gula juga bisa Anda masukkan ke daftar bahan makanan yang tahan lama tadi. Sementara, bumbu dapur yang sebaiknya tidak disimpan terlalu lama antara lain bawang merah, bawang putih, bawang bombai, dan cabai. Bumbu tersebut bisa Anda beli pada awal Ramadan.

3. Madu

Madu memiliki segudang manfaat dalam menjaga kesehatan. Saat puasa, Anda dan keluarga wajib stok madu karena mengandung vitamin E, vitamin C, asam amino, zat besi, flavonoid, dan bersifat anti oksidan. Madu juga membantu menjaga tubuh tetap fit selama puasa.

4. Kacang-kacangan

Kacang merupakan makanan yang mengandung protein nabati. Kacang juga membantu menjaga tubuh tetap bugar. Nah, yang bisa dicicil belanja dari sekarang termasuk jenis kacang hijau, kacang kenari, serta kacang tanah.

5. Minyak goreng

Karena harga minyak sawit sangat mahal, Anda bisa memantau harganya jauh hari sebelum memasuki Ramadan. Namun jika kebutuhan bersifat urgen, tetap tak bisa ditolak. Oleh sebab itu, Anda bisa mempertimbangkan minyak goreng alternatif, seperti minyak kelapa, minyak wijen, minyak canola, dan minyak samin.

Selain lima daftar bahan makanan di atas, Anda bisa menyimpan bahan makanan kalengan, misalnya sarden dan kornet. Untuk tambahan stok, Anda juga bisa melengkapi dengan mi, pasta, nugget, dan sosis.

Artikel ini telah tayang dengan judul Wajib Ada di Rumah, Ini 5 Daftar Bahan Makanan untuk Stok Ramadan.

Selain bahan makanan jelang Ramadan, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.