Berita Aceh Terkini: Harga Cabai di Meulaboh Meroket Jelang Ramadan
Seorang pedagang menimbang cabai merah sebelum dijual ke konsumen (ANTARA)

Bagikan:

ACEH - Jelang Ramadan, harga cabai dan bumbu dapur di Pasar Induk Bina Usaha Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Aceh, merangkak naik hingga puluhan ribu rupiah.

“Naiknya harga cabai dan komoditas bahan dapur karena banyaknya permintaan dari konsumen,” terang Rifki, pedagang di Pasar Bina Usaha Meulaboh, Selasa, 15 Maret, dikutip VOI dari Antara. 

Kenaikan Harga Cabai dan Bumbu Dapur di Meulaboh

Ia menjelaskan, cabai merah dijual dengan harga Rp50 ribu per kilogram. Sebelumnya, harga cabai merah ada di kisaran Rp15 ribu hingga Rp20 ribu per kilogram.

Kemudian, harga cabai rawit adalah Rp50 ribu per kilogram, bawang merah Rp35 ribu per kilogram dari sebelumnya Rp25 ribu per kilogram, bawang putih Rp28 ribu per kilogram. Tomat dari harga Rp10 ribu menjadi Rp15 ribu per kilogram, kentang dari harga Rp5 ribu menjadi Rp12 ribu per kilogram.

Menurut Rifki, harga cabai dan bumbu dapur diperkirakan akan naik lagi beberapa hari menjelang Ramadan karena kebutuhan konsumen meningkat.

Terkait kenaikan harga, seorang ibu rumah tangga, Sarah, mengatakan bahwa kenaikan harga sejumlah komoditas bumbu dapur telah membuat masyarakat mengeluh.

“Naiknya harga barang sudah tidak terkontrol, kami berharap ada upaya pihak terkait untuk melakukan pengawasan, agar masyarakat tidak semakin mengeluh dengan naiknya harga barang,” kata Sarah.

Permintaan Konsumen Meningkat

Kepala Dinas Perdagangan, Industri, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Aceh Barat, Jani Janan, yang dikonfirmasi terpisah membenarkan naiknya sejumlah komoditas kebutuhan rumah tangga di daerah ini.

Menurutnya, kenaikan tersebut diduga terjadi akibat mulai banyaknya permintaan konsumen terhadap kebutuhan dapur menjelang datangnya bulan suci Ramadan dua pekan mendatang.

Artikel ini telah tayang dengan judul Jelang Ramadan, Harga Cabai Merah di Pasar Induk Meulaboh Aceh Besar Pedas Sampai ke Kantong, Tembus Rp50 Ribu/Kg.

Selain harga cabai di Aceh, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.