5 Cara Menurunkan Demam secara Sederhana
Ilustrasi cara turunkan demam (Freepik)

Bagikan:

ACEH - Orang bisa disebut demam saat suhu tubuh naik hingga di atas batas normal. Dalam kondisi tertentu, demam cenderung tidak berbahaya. Namun, demam butuh perhatian khusus dan pengobatan karena menyebabkan ketidaknyamanan. Ada beberapa cara menurunkan demam secara sederhana.

Dikutip VOI dari Medical News Today, demam paling umum disebabkan oleh infeksi. Tubuh memberi respons melawan infeksi yang datang dengan meningkatnya suhu tubuh. Penyebab lain demam berhubungan dengan reaksi obat atau vaksin. Meski demikian, ada sebab lain yang bisa menyebabkan demam berupa penyakit berat, misalnya kanker.

Bagi yang ingin menurunkan demam dengan cara rumahan, berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda coba. Ini bisa dilakukan berbagai usia, tinggal disesuaikan saja.

Beberapa Cara Menurunkan Demam secara Sederhana

1. Banyak minum bening

Selama demam, tubuh butuh air lebih banyak dibandingkan saat suhu normal. Penyebabnya, ketika suhu tubuh meningkat perlu diimbangi jumlah cairan yang lebih banyak. Suhu tinggi juga membutuhkan elektrolit yang dapat membantu rehidrasi tubuh.

2. Istirahat

Memerangi infeksi membutuhkan banyak energi. Dengan mengambil waktu istirahat, bisa membantu suhu tubuh kembali pulih.

3. Mandi air hangat

Banyak orang mempertimbangkan mandi air dingin saat demam. Ini keliru karena menyebabkan gigil dan suhu bisa meningkat lebih banyak lagi. Paling tepat, mandi dengan air hangat suam-suam kuku untuk membantu menurunkan suhu tubuh. Mandi air hangat juga membantu menenangkan otot yang lelah.

4. Menggunakan obat yang dijual bebas

Obat penurun panas seperti parasetamol, ibuprofen, dan naproksen merupakan obat yang dijual bebas di apotek. Obat ini bisa dibeli tanpa resep dokter. Ketika meminumnya untuk menurunkan demam, perhatikan aturan pakai sehingga kesehatan tetap terjaga.

5. Mengenakan pakaian yang nyaman

Demam membuat tubuh terasa panas, namun tak lama kemudian terasa dingin. Kondisi ini tentu membuat si pengidap merasa tidak nyaman. Namun ketika mengalami demam, disarankan untuk mengenakan pakaian yang nyaman. Tidak perlu mengenakan pakaian berlapis sebab bisa memerangkap panas di tubuh sehingga suhu tubuh kembali meningkat.

Maka disarankan memakai pakaian nyaman, tidak terlalu tipis namun tak perlu berlapis-lapis. Ketika terasa kedinginan, tambahkan jaket atau syal penghangat. Selain itu, pastikan udara ruangan bersirkulasi dengan baik supaya lebih nyaman.

Perlu diketahui, suhu tubuh rata-rata sekitar 37 derajat Celsius. Sedangkan dinyatakan demam ringan ketika suhu tubuh merangkak naik antara 37,8-39 derajat Celsius. Demam tinggi melebihi suhu 39 derajat Celsius. Gejala demam antara lain seseorang mengalami tubuh panas dingin, sakit kepala, berkeringat, nyeri otot, kehilangan selera makan, kelelahan, dan lesu.

Karena demam sangat tinggi bisa menyebabkan kejang, maka ketika suhu tubuh terus naik dan tak segera turun setelah melakukan cara-cara di atas, disarankan untuk memeriksakannya ke dokter.