Edhy Prabowo Jalani Sidang Lanjutan Kasus Ekpor Benur
Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo (Antara)

Bagikan:

ACEH - Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo, bakal menjalani sidang lanjutan atas kasus dugaan suap izin ekspor benih lobster atau benur, pada Selasa, 29 Juni. Persidangan itu dengan agenda pembacaan tuntutan dari Jaksa Penuntut Umum (JPU).

"Benar, hari ini agenda sidang tuntutan," ucap Kuasa hukum Edhy Prabowo, Soesilo Aribowo saat dikonfirmasi, Selasa, 29 Juni.

Dalam persidangan nanti, Soesilo berharap jaksa menuntut bebas kliennya. Sebab, dia menilai selama proses persidangan Edhy Prabowo tak pernah mengetahui adanya suap yang diterima anak buahnya.

"Kalau sesuai fakta persidangan, seharusnya Pak EP (Edhy Prabowo) dituntut bebas, karena Pak EP tidak pernah intervensi kegiatan anak buahnya sebagai penerima delegasi kewenangan," ungkap Soesilo.

"Juga tidak tahu terkait dengan pemberian-pemberian yang dilakukan oleh Suharjito dan eksportir-eksportir itu kepada anak buahnya," sambung dia.

Kasus Ekspor Benur Edhy Prabowo

Sebagai informasi, Edhy Prabowo didakwa menerima suap mencapai Rp25,7 milar. Suap ini berkaitan dengan izin ekspor benih lobster atau benur.

Suap itu diterima oleh Edhy Prabowo dari para eksportir benur melalui Amiril Mukminin, Safri, Ainul Faqih, Andreau Misanta Pribadi, dan Siswadhi Pranoto Loe.

Dalam dakwan, Edhy menerima suap sebesar 77 ribu dolar Amerika Serikat (AS) atau jika dirupiahkan saat ini mencapai Rp1.126.921.950. Penerimaan suap itu melalui stafnya yakni Safri dan Amiril Mukminin dari pemilik PT Dua Putera Perkasa Pratama (PT DPP), Suharjito.

Kemudian, Edhy juga menerima uang sebesar Rp24.625.587.250. Duit ini diberikan oleh Suharjito dan para eksportir lainnya melaui para stafnya.

Atas perbuatannya itu, Edhy Prabowo didakwa dengan Pasal 12 huruf a Undang -Undang RI Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana diubah dengan Undang- Undang RI Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas Undang-Undang RI Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP jo Pasal 65 ayat (1) KUHP.

Kemudian, Pasal 11 Undang-Undang RI Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana diubah dengan Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas Undang-Undang RI Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP jo Pasal 65 ayat (1) KUHP.

Artikel ini telah tayang dengan judul Hari Ini, Edhy Prabowo akan Jalani Sidang Tuntutan.

Selain berita Edhy Prabowo, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!