Terjadi Kebocoran Gas di Aceh Timur, Tenda Pengungsian Didirikan
Kepala Pelaksana BPBA dan sejumlah perangkat kerja Pemkab Aceh Timur meninjau warga yang mengungsi akibat kebocoran gas (ANTARA)

Bagikan:

ACEH - Pemerintah Aceh merespons cepat kejadian dugaan kebocoran gas di Aceh Timur pada Minggu, 27 Juni yang berimbas kepada warga di wilayah Gampong Panton Rayeuk, Kecamatan Banda Alam, Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Aceh.

“Pemerintah melalui Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) dan sejumlah perangkat kerja Pemkab Aceh Timur langsung melakukan  evakuasi warga setempat pada malam kejadian,” kata Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh, Muhammad Iswanto, di Banda Aceh, dilansir Antara, Senin, 28 Juni. 

Ia menjelaskan, sejak semalam atas arahan dan perintah Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, Sekda Aceh langsung menggelar rapat bersama sejumlah Kepala SKPA terkait untuk tindak lanjut dan penanganan kejadian.

Posko Pengungsian Didirikan Terkait Kebocoran Gas di Aceh Timur

Pemerintah Aceh dan Pemkab Aceh Timur sudah mendirikan posko di halaman Kantor Camat Banda Alam untuk mengkoordinir penanganan musibah yang terjadi. Jumlah pengungsi saat ini sekitar 150 warga.

Di posko tersebut pemerintah menyediakan tenda pengungsian, dapur umum, dan bantuan kesehatan yang ditangani langsung oleh dokter.

"Saat ini Kepala BPBA bersama tim sudah berada di lokasi kejadian langsung untuk memantau kondisi warga. Keadaan di lapangan berdasarkan laporan sudah aman dan terkendali. Tim kesehatan terus siaga," kata Iswanto.

Ia mengatakan kebutuhan makan dan minum pengungsi telah disiapkan Dinas Sosial Aceh Timur dengan mengadakan dapur umum. Seluruh bahan pangan untuk makan dan minum itu dibantu sepenuhnya oleh PT Medco.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Ilyas, dari lokasi kejadian melaporkan, pengungsi didominasi kaum hawa dan anak-anak. Ada dua orang yang terdampak akibat kejadian masih dalam penanganan di RSUD Zubir Mahmud.

Ilyas mengatakan, sejumlah masyarakat lainnya yang datang ke puskesmas Keude Geureubak untuk diobservasi kini seluruhnya sudah kembali ke lokasi pengungsian tanpa adanya gangguan kesehatan.

Untuk mencegah terjadinya kebocoran yang berulang, tim Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Aceh akan mengecek langsung kondisi di lapangan dan melakukan koordinasi dengan pihak perusahaan.



Artikel ini telah tayang dengan judul Ada 150 Warga Aceh TImur Mengungsi Akibat Kebocoran Gas, Didominasi Ibu dan Anak-anak.

Selain berita kebocoran gas di Aceh Timur, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!