Bantuan Tahap Kedua Kemensos untuk Korban Banjir Aceh Telah Disalurkan
FOTO VIA ANTARA

Bagikan:

ACEH - Belum lama ini Kementerian Sosial (Kemensos) menyalurkan dua tahap bantuan masa panik kepada korban banjir Aceh di sejumlah daerah.

"Bantuan dari APBN (Kemensos) untuk warga terdampak banjir di Aceh sudah turun dua tahap," ungkap Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Aceh, Yusrizal, di Banda Aceh, Senin, 3 Januari, dikutip VOI dari Antara.

Akibat hujan deras sejak Jumat, 31 Desember 2021 di beberapa daerah di Aceh mengakibatkan banjir di beberapa kabupaten/kota. Hingga Senin lalu, banjir telah merendam sejumlah wilayah di Aceh Utara, Aceh Timur, Kota Langsa, Aceh Tamiang, dan Kabupaten Bener Meriah. Sampai Senin, puluhan ribu warga dari berbagai daerah itu mengungsi, terbanyak dari Aceh Utara, yaitu 25.032 warga.

Bantuan Kemensos untuk Korban Banjir Aceh 

Yusrizal mengatakan, bantuan pertama Kemensos disalurkan pada Sabtu, 1 Januari 2022, untuk wilayah Aceh Timur berupa telur sebanyak 1 ton, mi instan 100 dus, dan minyak goreng 90 kilogram. Kemudian, makanan anak 72 bungkus, matras 50 lembar, tenda gulung 40 lembar, family kit 20 paket, selimut 50 lembar, dan satu unit mesin genset 2.800 watt.

Pada bantuan tahap kedua, lanjut Yusrizal, Kemensos telah menyalurkan untuk Aceh Timur berupa makanan siap saji sebanyak 420 paket, perahu fiber merah satu unit, tenda gulung merah 150 lembar.

"Selanjutnya, matras 150 lembar, selimut 200 lembar, kasur 100 unit, tenda serbaguna keluarga dua unit, popok bayi dan pembalut wanita masing-masing 200 paket," ujarnya.

Sementara, untuk Kota Langsa, pada tahap kedua ini Kemensos telah membantu makanan siap saji 300 paket, food ware 100 paket.

Lalu ada tenda gulung, matras, selimut dan kasur masing-masing 100 lembar. Popok bayi dan pembalut wanita masing-masing 200 paket, serta satu unit perahu fiber.

"Bantuan ini sifatnya bertahap sesuai dengan kebutuhan yang ada. Tapi tentunya kita sudah koordinasi dengan pilar-pilar sosial di daerah, serta mendukung dapur umum hingga konsolidasi pendataan," kata Yusrizal.

Artikel ini telah tayang dengan judul Kemensos Salurkan Bantuan Tahap Kedua untuk Korban Banjir Aceh.

Selain bantuan untuk korban banjir Aceh, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Aceh