Pengungsi Banjir di Aceh Utara Terserang Berbagai Penyakit
Petugas medis memeriksa kesehatan pengungsi banjir di Aceh Utara, Selasa (4/1/2022) (ANTARA/Dedy Syahputra)

Bagikan:

ACEH - Pengungsi banjir di Aceh Utara mulai terserang penyakit. Hal tersebut diungkapkan oleh Polda Aceh Bidang Kedokteran Kesehatan.

Menurut Kepala Bidang Kedokteran Kesehatan Polda Aceh, Kombes Pol. Sariman, para pengungsi pada umumnya terserang penyakit kulit, demam, influenza, infeksi saluran pernapasan dan hipertensi, serta diare.

"Pengungsi diserang berbagai penyakit dikarenakan susahnya air bersih di lokasi pengungsian, mengingat banjir masih menggenangi daerah ini," terang Kombes Pol Sariman, Selasa, 4 Desember, dikutip VOI.

Posko Pengobatan Gratis bagi Pengungsi Banjir di Aceh Utara

Sariman menjelaskan, Bidang Kedokteran Kesehatan Polda Aceh membuka posko pengobatan gratis bagi pengungsi korban banjir di Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh.

"Direncanakan posko tersebut akan dibuka paling lama satu pekan ke depan. Hari ini sudah ada 350 korban banjir berobat, 217 pasien laki-laki dan 133 pasien perempuan. Rata-rata warga mengeluhkan penyakit kulit," terang Sariman.

Posko tersebut melibatkan dua dokter dan delapan perawat dari Polda Aceh dan Mabes Polri serta dibantu Klinik Polres Aceh Utara.

Sariman mengimbau para korban banjir untuk tetap menjaga kesehatan meski saat ini harus tinggal dalam tenda-tenda pengungsian. Bagi warga yang terserang penyakit diharapkan segera datang ke posko pengobatan untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut, katanya.

"Kepada warga korban banjir diharapkan tabah dalam dalam menghadapi bencana alam ini. Semoga bencana ini segera berakhir," ujar Sariman.

Artikel ini telah tayang dengan judul Kabar Tidak Menggembirakan dari Aceh Utara, Pengungsi Korban Banjir di Sana Mulai Terserang Penyakit.

Selain pengungsi banjir di Aceh Utara, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Aceh