Presiden Jokowi Menginap di IKN Nusantara dengan Tenda Sederhana
Foto via Antara

Bagikan:

ACEH - Presiden Jokowi telah melaksanakan proses penyatuan tanah dan air dari berbagai wilayah di Indonesia di Kawasan Titik Nol Kilometer Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur. Agenda selanjutnya, Jokowi akan menginap di wilayah tersebut bersama sejmlah pihak, termasuk Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor, serta tokoh masyarakat yang lain. Menurut Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, malam ini Jokowi akan menginap di tenda sederhana.

"Ada beberapa soal kesiapan terkait menginap di IKN. Tentu apa adanya dan Pak Presiden kami siapkan tenda sederhana," terang Heru seperti dikutip VOI dari YouTube Sekretariat Presiden, Senin, 14 Maret.

Keamanan Presiden Jokowi di Alam Terbuka IKN Nusantara

Meski demikian, keamanan Presiden tetap diprioritaskan. Pangdam dan Kapolda Kalimantan Timur akan mendampingi kegiatan tersebut.

Rencananya, setelah bermalam di alam terbuka Presiden Jokowi akan mengikuti berbagai kegiatan lain pada Selasa, 15 Maret. Salah satu kegiatan tersebut adalah meninjau beberapa titik penghijauan yang telah disiapkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Sementara itu, Panglima Kodam VI Mulawarman, Mayjen Teguh Pujo Rumekso, mengungkapkan bahwa segala kemungkinan telah diantisipasi. Meski begitu, dia menjelaskan perubahan cuaca tak menentu seperti hujan bisa tantangan.

Teguh berharap selama Presiden Jokowi berkunjung ke IKN Nusantara, cuaca bisa cerah sehingga tak menimbulkan kendala.

"Paling rawan situasinya adalah perubahan cuaca tak menentu seperti hujan. Kami berharap selama kegiatan di IKN, cuaca bisa cerah jadi kegiatan bisa berjalan lancar," ungkapnya.

"Kami menjamin dengan Bapak Kapolda semoga kunjungan bisa berjalan lancar dan aman hingga Pak Presiden kembali ke Jakarta," imbuh Teguh.

Antisipasi COVId-19 dan Hewan Melata

Melengkapi Pangdam Mayjen Teguh Pujo, Komandan Paspampres, Mayjen TNI Tri Budi Utomo, mengatakan bahwa berbagai kesiapan sudah dilakukan. Para peserta yang akan menginap bersama Presiden Jokowi di Ibu Kota Negara Nusantara bahkan terlebih dahulu melakukan swab test untuk mencegah penyebaran COVID-19.

"Jadi protokol kesehatan tetap kita lakukan meskipun tempatnya ada di sekitaran hutan yang udara juga cukup tapi itu sudah menjadi protap bagi kami, siapa pun yang merapat di sekitaran Pak Presiden harus melakukan protokol kesehatan," ujarnya dalam kesempatan yang sama.

Tak hanya itu, fogging atau pengasapan untuk mencegah adanya malaria juga sudah dilakukan.

"Kemudian keamanan lainnya, di sekitar tenda terutama di sekitar VVIP sudah kita sebarkan garam dan sebagainya untuk mengantisipasi adanya binatang melata," ujar Budi.

"Dan kita siapkan bisa antiular yang akan berguna. Namun, mudah-mudahan tidak terpakai dan kita semua dalam keadaan aman," pungkasnya.